Selain Obat Penurun Panas, 6 Cara Ini Bisa Meredakan Demam


Kabar tentang obat penurun panas dan kaitannya dengan gagal ginjal akut yang belakangan marak terjadi, membuat para orang tua atau bahkan orang dewasa lainnya, bingung mencari pengobatan. Pasalnya, demam memang kadang tidak ringan, bisa juga terjadi karena penyebab serius seperti infeksi virus atau ada peradangan di dalam.

Meski demikian, beberapa ahli medis menyarankan agar kita tidak selalu tergantung pada obat bila mengalami gejala yang ringan. Sebab sebenarnya tubuh memiliki mekanisme imunitas, salah satunya adalah menimbulkan demam. Hal ini terjadi ketika ketahanan badan kita berusaha melawan penyakit yang sedang muncul.

Nah, ada juga beberapa solusi yang bisa kita lakukan seperti di bawah ini, sehingga demam bisa reda meski tidak menggunakan obat-obatan. Mari simak penjelasan berikut.

Bukan obat penurun panas, tapi mengatur suhu kamar

ilustrasi mengatur suhu ruangan
Sumber gambar

Terdapat banyak sekali faktor terjadinya demam pada seseorang atau anak kecil. Salah satunya juga terpengaruh pada faktor cuaca dan suhu udara. Bila suhu kamar atau tempat di mana pasien demam berada sirkulasinya kurang bagus atau panas, atur sedemikian rupa supaya bisa terasa lebih sejuk.

Misalnya dengan menggunakan AC, tapi jangan arahkan ke orang yang sedang sakit. Temperaturnya juga sebaiknya dekat dengan suhu ruang. Bila menggunakan kipas angin, nyalakan ke arah keluar masuknya udara. Dengan cara ini bisa membantu sirkulasi udaranya jadi lebih baik.

Menggunakan pakaian yang tipis

Cara berikutnya bila pasien tidak menggigil, kita bisa berikan pakaian tipis. Cara ini untuk mengimbangi suhu tubuh dan membantu demam lebih cepat turun. Ada kalanya ketika demam, kita mengira orang atau anak tersebut mengalami kedinginan atau menggigil. Walhasil, pasien diberi pakaian berlapis-lapis, padahal bisa saja mereka malah kegerahan.

Pakaian yang berlapis, apalagi dengan tambahan selimut, malah bisa membuat suhu tubuhnya tidak cepat turun. Karena itu cara ini bisa kita coba untuk melihat apakah suhu panas tubuhnya bisa lebih turun atau tidak.

Berikan hidrasi yang cukup

ilustrasi minum air putih
Sumber gambar

Saat mengalami panas tinggi, seseorang baik itu orang dewasa maupun anak dan bayi, memerlukan cairan lebih banyak untuk mengimbanginya. Bila masih bayi atau mengonsumsi air susu ibu, maka ASI yang perlu kita berikan secara bertahap. Namun bila sudah bisa minum air, berikan air putih baik dengan suhu normal atau sedikit lebih hangat.

Cara ini bisa mengimbangi kebutuhan cairan ketika sistem ketahan tubuh kita memerangi adanya infeksi maupun peradangan. Banyak yang menyebut bahwa meski terlihat biasa saja, air putih juga termasuk obat yang bisa kita gunakan untuk penyembuhan. Jangan lupa, konsumsi secara bertahap saja. Memang akan lebih sering buang air kecil, tetapi cara ini juga membantu mengeluarkan penyakit yang ada di dalam tubuh.

Mengompres, alternatif obat penurun panas

Cara yang sering orang lakukan adalah dengan menggunakan kompres secara manual maupun patch atau plester khusus meredakan demam. Bila menggunakan cara manual, gunakan air hangat dan kain waslap. Pastikan suhu air tidak menyakiti kulit pasien. Rendaman waslap yang sudah kita peras, letakkan di kening pasien, atau bisa juga kita letakkan dan tekan sebentar pada beberapa area.

Daerah yang bisa kita kompres antara lain adalah kening, bisa juga di samping wajah seperti pipi dan pelipis, lipatan kulit seperti leher dan sebagainya. Jadi, mengompres memang lazimnya tidak hanya di daerah dahi. Yang perlu kita pastikan adalah perasan harus benar-benar kuat. Sebab bila banyak cairan tersisa hingga menetes, dapat menyebabkan kelembaban yang malah menambah potensi meriang, lembab dan sejenisnya.

Istirahat lebih banyak

ilustrasi beristirahat
Sumber gambar

Yang satu ini mutlak dilakukan. Baik anak-anak maupun orang dewasa, kadang susah istirahat dalam waktu panjang karena tidak menyadari kondisinya atau haru mengerjakan sesuatu. Saat demam terjadi, jangan paksakan diri. Tidur juga menjadi sebagian dari obat, karena mengistirahatkan tubuh yang sedang melawan penyakit dengan imunitasnya.

Saat demam, tidur mungkin terasa lebih gerah. Karena itu, lakukan beberapa tips di atas dengan menggunakan pakaian lebih tipis, mengkondisikan suhu ruangan dan cukupi tubuh dengan hidrasi. Bila kepala terasa pusing dan berat, kita bisa mencoba tidur dengan modifikasi ketinggian bantal atau bahkan tanpanya. Intinya adalah istirahat senyaman mungkin, sebab hal itu yang bisa membantu menyehatkan tubuh kembali.

Kita juga bisa mengaplikasikan obat gosok seperti balsam atau vaporub untuk meredakan keluhan lain. Seperti pusing, batuk dan pilek, pegal-pegal dan sejenisnya. Dengan demikian bisa membuat tubuh jadi lebih rileks dan keluhan berkurang. Istirahat pun jadi lebih tenang.

Konsumsi minuman herbal hangat

Ada banyak konsumsi minuman herbal hangat yang baik bagi kesehatan. Di antaranya seperti jahe hangat, kunyit madu, jahe kunyit sereh, teh krisan, teh lo han kuo dan bahkan teh biasa. Minuman hangat memang membantu tubuh lebih nyaman dan rileks. Hindari konsumsi minuman yang lebih berat dan ada kandungan kafein tinggi seperti kopi, cokelat atau minum susu.

Sebaiknya memilih minuman herbal seperti di atas, karena ada kandungan anti inflamasi, anti bakteri serta meredakan panas dalam. Kunyit madu sangat baik bagi demam yang beserta batuk dan flu. Sedangkan jahe hangat baik bagi demam yang mengandung pusing dan badan ngilu. Komposisinya juga bisa kita tambah dengan elemen lain seperti lemon atau sereh, yang bisa membantu menambah manfaat.

Teh krisan dan lo han kuo sangat bagus untuk panas dalam atau batuk. Biasanya radang tenggorokan yang mengandung batuk dan demam, bisa kita bantu redakan dengan konsumsi teh tersebut. Tetap imbangi dengan konsumsi air putih ya.

BACA JUGA: 7 Hal Pemicu Terjadinya GERD, Rasa Panas Kerongkongan yang Menyiksa

Itulah beberapa cara alternatif untuk mengatasi tubuh sedang demam atau panas, tanpa menggunakan obat. Bila kondisi ini tidak mereda dalam 2 hari, sebaiknya pasien segera diantar ke rumah sakit atau dokter terdekat. Di musim yang cuaca dan suhu tidak menentu ini, jaga kesehatan dan kebersihan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *