Mengenal Manfaat Madu Hitam yang Beragam


Populernya manfaat madu hitam untuk kesehatan memang bukan tanpa alasan. Jenis probiotik ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang berhubungan dengan perawatan kulit, penyembuhan luka, pengobatan alergi, dan banyak lagi. Ini juga dianggap sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit.

Lebah madu hitam atau Apis mellifera merupakan penghasil suplemen alami ini. Terkenal sebagai salah satu jenis madu terbaik dan paling berharga di dunia, kita bisa mengenalinya dari warna gelap dan rasa yang kaya dan lebih manis daripada jenis madu lainnya.

Kita akan membahas mengenai manfaat madu hitam, kelebihan dan kekurangannya bila kita bandingkan dengan jenis lainnya. Serta salah kaprah apa yang berkaitan dengan varian ini. Mari simak ulasannya bersama-sama.

Anggapan positif pada manfaat madu hitam

ilustrasi anggapan positif madu hitam
Sumber gambar

Madu hitam adalah jenis madu yang disebut-sebut untuk menjadi salah satu jenis madu yang paling berkhasiat di dunia. Banyak kita temukan dari pohon manukalah, yang berasal dari daerah Mediterania. Karena khasiatnya yang luar biasa, sehingga mendapat julukan ‘Madu Pengobatan’.

Beberapa orang menjadikannya sebagai makanan yang bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Ada juga yang meyakini bahan ini bisa meningkatkan vitalitas dan membantu menurunkan berat badan. Oleh mereka yang banyak menyukai pengobatan herbal, madu ini sudah bagaikan makanan yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kualitas tidur.

Hampir semuanya tidaklah salah, karena memang madu sendiri merupakan bahan pangan hasil alam yang kaya akan manfaat. Meski demikian, penggunaannya haruslah bijak. Tidak bisa kita pukul rata sebab madu adalah salah satu makanan yang bisa berpotensi alergen.

Apakah warna hitam berpengaruh pada efeknya?

Madu hitam memiliki rasa yang lebih kuat dan kental daripada madu lainnya. Ini juga memiliki warna lebih gelap dan tekstur yang lebih kental. Kandungan gula yang tinggi dalam madu hitam dapat membuatnya lebih terasa manis. Selain itu jenis ini mengandung banyak lemak, mineral, dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Madu hitam kandungan nutrisinya terbilang lebih tinggi dari madu lainnya. Kandungan nutrisi ini meliputi vitamin B, vitamin C, mineral, dan antioksidan. Dengan demikian menjadikannya bahan makanan yang efektif menjaga imun tubuh.

Madu hitam juga lebih umum penggunaannya untuk tujuan medis. Seperti mengobati batuk, pilek, radang tenggorokan, serta berbagai jenis penyakit lainnya. Madu lainnya bisa juga untuk membantu pemulihan kesehatan, tetapi sedikit di bawah madu pekat ini.

Manfaat madu hitam yang sangat luas

ilustrasi madu hitam
Sumber gambar

Untuk khasiat yang diberikan, jenis suplemen alami ini memang terbilang multifungsi dan manfaat. Mulai dari penyakit yang ringan hingga berat, dapat terbantu dengan konsumsi madu hitam. Di antaranya seperti di bawah ini.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung karena mengandung fitonutrien yang meliputi antosianin, flavonoid, dan senyawa fenolik, yang bersama-sama bekerja untuk membantu mencegah penyakit dan gangguan pada sistem kardiovaskular.
  2. Menjaga kesehatan usus, karena mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Senyawa ini dapat membantu mencegah infeksi dan meningkatkan sistem pencernaan yang lebih baik.
  3. Memperkuat imunitas, karena dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan berbagai jenis infeksi dan penyakit.
  4. Memperbaiki fungsi metabolisme dengan cara memodulasi tingkat energi, kadar gula darah dan kadar kolesterol.
  5. Meningkatkan kesehatan mata karena mengandung senyawa fenolik yang dapat membersihkan mata dari bakteri dan kotoran, serta menunjang pertumbuhan dan perbaikan jaringan mata.
  6. Menurunkan tekanan darah, sebab kemampuan immunomodulator pada madu bisa menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.
  7. Menjadi salah satu pemanis bukan gula sehingga membantu manajemen berat badan bagi mereka yang sedang diet atau mengatur pola makan.
  8. Mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit kanker. Bekerja dengan memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.
  9. Membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi tingkat gula darah, sehingga bisa untuk mereka yang mengalami gangguan metabolisme gula darah tinggi atau diabetes.
  10. Meningkatkan kesehatan gigi. Senyawa ini membantu mencegah bakteri dari berkembang dan mengurangi risiko penyakit gigi dan gusi.
  11. Mengurangi stres. Senyawa yang terkandung pada madu ini dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.
  12. Mengembalikan kualitas tidur. Bekerja dengan cara menurunkan tingkat hormon stres dan meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh.

Tidak semua bisa mengonsumsinya

Alergi madu adalah reaksi alergi terhadap apisari yang terkandung dalam madu. Yakni partikel yang terdapat dalam madu, terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, serta mineral. Reaksi alergi madu dapat berupa reaksi di kulit, pernapasan, atau sistem pencernaan. Gejalanya termasuk gatal, ruam, bengkak, batuk, sesak napas, atau diare. Alergi madu juga dapat menyebabkan anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang parah.

Tindakan yang dapat kita lakukan untuk mencegah alergi ini adalah dengan menghindari konsumsi madu, atau menghindari produk yang mengandung turunannya. Penderita alergi yang mengalaminya, dapat mengonsumsi obat antihistamin untuk mengurangi gejala alergi. Jika penderita alergi madu mengalami gejala yang parah, segera carilah bantuan medis.

Bolehkah orang diabetes mengonsumsi madu?

ilustrasi madu dalam botol
Sumber gambar

Konsumsi madu bagi penderita diabetes dapat membantu mengendalikan tingkat gula darah. Ini karena madu mengandung glukosa dan fruktosa, yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula biasa. Madu juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Selain itu, madu juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, orang yang menderita diabetes harus mengonsumsi madu dengan hati-hati. Picking salah jenis madu dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang berlebihan. Di samping itu, orang yang menderita diabetes harus menghindari madu yang dicampur dengan gula atau sirup.

Selain itu, para penderita diabetes harus mengonsumsi madu dengan dosis yang tepat. Konsumsi berlebihan madu dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang berlebihan.

BACA JUGA: Tren Makan Madu Beku di TikTok, Begini Saran Para Ahli

Pada dasarnya, manfaat madu hitam sama halnya dengan beragam asupan bergizi lainnya. Selama kita konsumsi secara baik, benar dan cukup, maka akan memberikan manfaat. Selain itu, penggunaannya perlu dibarengi dengan gaya hidup yang teratur dan sehat, sehingga bisa merasakan hasil yang lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *