Bahaya Virus Covid 19 pada Klaster Pernikahan


Bahaya virus Covid 19 pada klaster pernikahan merupakan sesuatu yang sudah seharusnya mendapatkan perhatian, apalagi ketika sedang merayakan pernikahan. Tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin menggelar acara penuh kebahagiaan dan kesakralan tersebut. Namun, merujuk 6 bulan ke belakang, pernikahan memang menjadi salah satu klaster wabah corona. 

Pernikahan di Indonesia seringkali menggunakan konsep mengumpulkan kerabat dan sahabat. Pertemuan dan kerumunan pun tak terhindarkan, apalagi momen salaman dan berpelukan. Sedangkan untuk masa sekarang ini, memperhatikan protokol kesehatan ketat merupakan hal yang wajib. Yang artinya, tak berseentuhan bahkan berdekatan demi keselamatan.

Bagaimana bahaya Virus Covid 19 bisa mengintai di klaster pernikahan? Kalau kita merasa tidak enak karena sudah diundang terpaksa datang, ketahui beberapa risiko ini:

Bahaya Virus Covid 19 Dapat Menular Melalui Droplets

Bahaya Virus Covid
Bahaya Covid Melalui Droplets
Saat masker dibuka, potensi percikan droplets sangat besar. Sumber Gambar: Unsplash

Kan sudah pakai masker, kok bisa ada droplets? Jika di dalam pernikahan tersebut ada acara makan, MC, penyanyi, biasanya orang akan cenderung membuka masker mereka. Dari situlah eksistensi droplets berada dan beresiko penularan covid 19. Semakin banyak jumlah orang di area tersebut, semakin tinggi potensinya dan semakin tinggi pula kita berpotensi terpapar bahaya covid 19. Belum lagi jika secara alamiah seseorang bersin dan batuk. Ingat, kita tidak bisa mengecek riwayat harian mereka. Jadi, selalu gunakan masker dan perhatikan sebelum menyentuh apapun yang ada di lokasi pernikahan. Bahaya virus covid dalam droplets merupakan resiko tersbesar penularan pada saat acara pernikahan. 

Penularan Covid 19 Dalam Bentuk Aerosol

Pernikahan di ruangan tertutup, berpotensi mengandung aerosol di dalamnya. Risiko bahaya covid yang tidak kelihatan ini bisa saja terhirup oleh siapapun. Sedangkan, kita tidak tahu apakah seseorang atau lebih di sana tengah membawa virus, sehingga droplets dan aerosolnya bisa saja beredar dalam ruangan tersebut.

Bahaya Covid
Bahaya virus Covid pada Acara Pernikahan
Acara pernikahan di ruangan tertutup. Sumber gambar: Unsplash.

Ventilasi-durasi-jarak memang lebih berpotensi pada ruangan tertutup. Tapi jangan salah, bahaya virus covid di ruang terbuka pun situasi durasi dan jarak masih dapat berkembang biak. Bila mau jujur, protokol kesehatan yang ada saat ini adalah bentuk perlindungan standar yang masih bisa menularkan virus jika kita lengah. Apalagi bila prosedur 3M ini tidak berjalan maksimal.

Jika memang ingin menggelar pernikahan atau datang ke acara tersebut, bisa memperhatikan beberapa tips berikut untuk mengetahui cara mencegah penularan covid 19 dalam acara pernikahan:

  • Mengundang sejumlah orang saja yang benar-benar kerabat dekat. Usahakan tidak melebihi batas aturan yang ada.
  • Terapkan prosedur 3M dengan ketat. Tak perlu sungkan untuk mengingatkan pemilik acara ataupun tamu, karena demi keselamatan.
  • Buat acara dengan durasi singkat. Untuk tamu yang berkunjung pun tak perlu lama-lama berada di lokasi. Hal ini untuk menurunkan risiko VDJ.

BACA JUGA: Mengenal 5 Klaster yang Tinggi Potensi Penularan Covid-19

Acara bahagia jangan sampai berujung duka, karena sudah banyak yang mengalaminya. Pada masa sekarang ini, hendaknya juga bisa saling memaklumi jika terdapat keterbatasan seperti tak bisa memenuhi undangan atau hanya bisa mengundang sedikit orang. Yang penting tetap saling menjaga dan berusaha mencegah penularan bahaya Covid-19 di sekitar kita. Jika anda menghadiri undangan pernikahan sebaiknya melakukan pengecekan seperti tes PCR covid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *