Sering Merasakan Sakit Dada Sebelah Kanan? Ini Penyebabnya


Berbicara tentang sakit dada sebelah kiri, sebagian orang mungkin akan langsung berpikir bahwa rasa sakit tersebut berhubungan dengan penyakit jantung. Bagaimana dengan sakit dada sebelah kanan? Apakah juga terkait dengan masalah jantung?

Sakit dada sebelah kanan tidak selalu terkait dengan jantung. Walaupun masalah jantung bisa menjadi salah satu penyebabnya, ada banyak kemungkinan yang menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan, termasuk stres, problem paru-paru, maupun trauma.

Penyebab sakit dada sebelah kanan

Sakit dada sebelah kanan dapat terjadi akibat berbagai kondisi dan cedera dengan disertai gejala yang ringan hingga berat. Rasa sakit tersebut bisa datang dan pergi atau menetap. Rasa sakitnya dideskripsikan dengan rasa sakit “tajam”, “tumpul”, “berdenyut-denyut”, atau “terbakar”, bergantung pada apa penyebabnya.

Penyebab terkait problem pada paru-paru

ilustrasi foto paru-paru
Sumber gambar

Adanya masalah dengan paru-paru adalah salah satu penyebab sakit dada sebelah kanan. Masalah tersebut bisa terjadi di paru-paru bagian mana saja, di antaranya:

  • Pleuritis, atau yang disebut radang selaput dada. Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi pada lapisan paru-paru dan dada. Menyebabkan rasa sakit yang tajam saat bernapas, batuk atau bersin.
  • Pneumonia, atau disebut juga dengan istilah abses paru. Pneumonia sering datang tiba-tiba dan dapat menyebabkan demam, menggigil, batuk, batuk disertai nanah dari saluran pernapasan, dan nyeri dada yang dalam.
  • Emboli paru, adalah kondisi yang terjadi saat gumpalan darah berjalan melalui aliran darah dan bersarang di paru-paru. Kondisi ini menyebabkan radang selaput dada akut, kesulitan bernapas dan detak jantung yang cepat. Pada kondisi yang parah, emboli paru dapat menyebabkan demam dan syok hingga kematian.
  • Pneumotoraks, adalah kondisi cedera pada dada yang terjadi ketika sebagian paru-paru kolaps dan melepaskan udara ke dalam rongga dada.
  • Hipertensi paru, adalah nyeri dada yang menyerupai angina. Tekanan darh tinggi yang tidak normal di arteri paru-paru ini membuat sisi kanan jantung bekerja terlalu keras, inilah sebabnya Anda merasakan sakit dada sebelah kanan.
  • Kanker paru-paru, disebabkan oleh adanya tumor di paru-paru kanan, lapisan paru-paru kanan atau kelenjar getah bening di dekatnya. Sekitar 50% penderita kanker paru-paru mengalami nyeri di dada, bahu, tulang belikat atau di antara tulang belikat. Gejala lain yang hadis seperti sesak napas dan batuk tiada henti.

Penyebab terkait kardiovaskular

ilustrasi kesehatan organ
Sumber gambar

Serangan jantung dan kondisi kardiovaskular dapat menyebabkan rasa sakit baik di dada sebelah kiri maupun dada sebelah kanan. Ketika mengalami serangan jantung, pria cenderung merasakan sakit di dada sebelah kiri, sedangkan wanita lebih banyak mengalami sakit dada sebelah kanan.

Penyebab lain yang terkait kardiovaskular yang menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan di antaranya:

  • Penyakit arteri koroner, adalah jenis penyakit jantung yang paling umum menyebabkan kematian baik pada pria maupun wanita. Kondisi ini terjadi ketika arteri yang memasok darah ke otot jantung mengalami pengerasan dan penyempitan. Beberapa pembuluh darah, seperti aorta asendens berada di sisi kanan dada, sehingga penyakit arteri koroner seringkali menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan, atau kedua sisi dada.
  • Perikarditis, adalah jenis peradangan pada selaput yang melindungi jantung (perikardium). Rasa sakitnya seringkali memburuk pada posisi tertentu, dan terasa lebih intens bila menarik napas dalam-dalam.
  • Aneurisma aorta, adalah terjadinya robekan aorta yang menyebabkan darah mengalir di antara lapisan dinding pembuluh darah. Rasa sakitnya digambarkan tajam dan tiba-tiba yang diikuti kehilangan kesadaran.

Penyebab Gastrointestinal

ilustrasi sakit perut
Sumber gambar

Adanya problem pada organ gastrointestinal terutama di sisi kanan seperti kantong empedu, dan hati dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Beberapa kondisi terkait di antaranya:

  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi cincin otot di antara kerongkongan dan perut yang disebut LES. Saat LES tidak bekerja dengan baik, Anda bisa mengalami refluks asam dan heartburn yang memungkinkan adanya rasa sakit pada sisi kanan dada.
  • Obstruksi esofagus, adalah adanya benda asing di kerongkongan yang memungkinkan rasa sakit di dada sebelah kanan, yang terkadang diabaikan. Benda asing tersebut menyebabkan kesulitan menelan dan pada kondisi parah dapat menyebabkan robekan.
  • Penyakit kantong empedu, baik batu empedu maupun infeksi kandunng empedu (kolesistitis) dapat menyebabkan rasa nyeri dada sebelah kanan. Rasa sakitnya dapat menjalar hingga ke punggung bahkan bahu kanan.
  • Penyakit liver, seperti hepatitis dan sirosis hati dapat menyebabkan rasa sakit dada sebelah kanan. Rasa sakitnya sebagian besar muncul ketika organ yang mengalami peradangan menekan diafragma.

Penyebab lainnya

Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Kondisi tersebut mungkin dapat hilang dengan sendirinya, namun bukan berarti Anda boleh menganggap remeh gejala yang dirasakan.

Stres atau kecemasan

Stres atau kecemasan yang parah dapat memicu serangan panik. Saat mengalami serangan panik, Anda mungkin juga memiliki gejala mirip seperti serangan jantung, di antaranya:

  • Sakit dada sebelah kanan
  • Sulit bernafas
  • Detak jantung cepat (palpitasi)
  • Berkeringat

Serangan panik biasanya berlangsung 5-10 menit, di mana siapapun bisa mencurigainya sebagai serangan jantung. Untuk memastikan penyebabnya, jangan menunda untuk mendapatkan pertolongan medis bila mengalami serangan panik.

Ketegangan otot

Di dalam dada, terdapat banyak otot yang membentuk dinding dada. Adakalanya ketika Anda berusaha meregangkan otot saat berolahraga, dada sebelah kanan akan terasa nyeri saat disentuh. Tak perlu khawatir karena jenis nyeri ini biasanya akan hilang dengan istirahat dan bantuan obat pereda nyeri, seperti obat golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAID) misalnya ibuprofen.

Cedera traumatis

ilustrasi menaiki kendaraan
Sumber gambar

Cedera traumatis yang terbentuk akibat pukulan dada seperti saat jatuh dari kendaraan bermotor, dapat merusak struktur yang membentuk dada, jantung, paru-paru dan organ lain. Cedera tersebut mungkin mengakibatkan memar atau bengkak, sakit di dada sebelah kanan, hingga kesulitan bernapas. Cara terbaik untuk mengatasi cedera seperti ini adalah dengan mendapatkan pertolongan medis darurat di rumah sakit.

BACA JUGA: Nyeri Dada, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Karena penyebabnya sangat beragam, ada baiknya ketika Anda merasakan sakit dada sebelah kanan tetap mendapatkan pemeriksaan medis di rumah sakit. Diagnosis dini dapat membantu menurunkan risiko yang dapat mengancam jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *