5 Jenis Obat Sakit Mata Merah yang Mudah Ditemukan


Ada banyak obat sakit mata merah yang tersedia di pasaran, tapi ada kalanya kita perlu mencoba 2 atau 3 sampai bisa benar-benar pulih. Hal ini karena pada dasarnya sakit mata merah kemungkinan berbeda penyebabnya atau kandungan obat yang lebih ampuh.

Sakit mata merah bisa terjadi karena infeksi bakteri atau iritasi ringan maupun sedang. Umumnya bisa kita atasi menggunakan obat yang tersedia di apotek. Selain itu, ada juga metode alamiah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut ini adalah rekomendasi obat sakit mata merah yang bisa kita coba baik secara alami atau dengan media yang ada di rumah, serta rekomendasi jenis obat yang tersedia di apotek.

Penyebab iritasi mata

ilustrasi iritasi mata
Sumber gambar

Seringnya, kondisi mata merah terjadi akibat iritasi di permukaan yang masuk ke dalam mata. Seperti yang telah kita singgung di awal, masuknya partikel asing atau paparan radiasi tertentu bisa menyebabkan kondisi ini. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penyebab terjadinya mata merah:

  • Kondisi mata kering akibat paparan cahaya gadget atau mata lelah
  • Kemasukan benda asing seperti debu atau serangga
  • Paparan asap
  • Paparan virus atau bakteri akibat adanya kontak dengan orang yang sedang mengalami sakit mata
  • Kondisi gangguan kesehatan yang mempengaruhi mata, seperti alergi atau penyakit lainnya.

Obat sakit mata merah dengan metode kompres

ilustrasi kompres mata
Sumber gambar

Cara ini adalah teknik yang sederhana, tapi bisa meredakan inflamasi atau rasa panas yang muncul pada berbagai kondisi mata. Misalnya sakit mata merah karena paparan gadget, karena sedang bintitan, timbil atau peradangan lainnya. Gunakan kantong kompres dingin atau kain yang telah menyerap air es. Penggunaan kompres dingin atau hangat bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

Kompreskan pada sekitar area mata yang merah, kemudian di atas kelopak mata. Cara ini bisa mengurangi rasa nyeri (bila ada) dan membantu menenangkan kondisi mata yang sedang mengalami masalah. Selain menggunakan kompres air dengan suhu hangat dan dingin, kantung teh atau kompresan air mawar bisa menjadi alternatif lainnya.

Bilas dengan air

Mata merah kemungkinan bisa terjadi akibat iritasi ringan akibat adanya partikel asing yang masuk. Ada kalanya tak memerlukan obat yang spesifik untuk mengatasinya. Cukup basuh mata dengan air, sedikit demi sedikit. Dengan demikian bisa mendorong benda asing tersebut untuk keluar dari area mata.

Tidak perlu menyiram dengan banyak air. Cukup basuh dengan sejumlah air bersih, sekitar satu tangkup telapak tangan, secara bertahap. Selain air biasa, kita bisa menggunakan obat pembersih mata. Umumnya digunakan pada mereka yang aktif berenang.

Menggunakan tetes air mata palsu

Ada kalanya mata merah terjadi akibat mata kering atau paparan gadget yang begitu kuat dalam waktu lama. Hal ini lumrah terjadi, biasanya pada mereka yang aktivitasnya banyak menggunakan smartphone, laptop, terpapar matahari dan sebagainya.

Obat sakit mata merah jenis antihistamin

ilustrasi obat tetes mata
Sumber gambar

Iritasi alergi bisa menyebabkan mata merah. Maka obat yang umumnya sesuai dengan kondisi ini adalah jenis antihistamin. Sebab jenis ini berfungsi menekan reaksi imun terhadap alergen yang berlebihan. Sehingga menimbulkan keluhan seperti peradangan pada area yang terdampak.

Reaksi alergi pada mata biasanya muncul dalam bentuk mata merah, terasa gatal hingga kelopak kemerahan atau muncul produksi air mata yang berlebih.

Jenis antibiotik

Merupakan obat sakit mata merah untuk mengatasi infeksi bakteri. Obat jenis ini banyak kita temukan di apotek atau minimarket. Beberapa jenis penggunaannya menggunakan resep dokter, ada juga yang dijual bebas sehingga bisa kita beli tanpa resep.

Meski demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan apoteker atau dokter sebelum menggunakan. Hal ini untuk mencegah kesalahan penggunaan yang menyebabkan kesembuhan tidak optimal. Sedangkan obat mata yang menggunakan resep dokter, umumnya karena memiliki keluhan yang lebih serius atau bukan jenis iritasi ringan, seperti bernanah atau terjadi pembengkakan.

Apakah mata merah bisa sembuh sendiri?

Ada beberapa jenis keluhan sakit mata merah yang bisa sembuh dengan sendirinya. Misalnya akibat iritasi ringan seperti kemasukan benda asing atau kelelahan. Akan tetapi, gejalanya hanya berupa mata merah saja.

Bila sudah menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan, bernanah, berair dan inflamasi, umumnya membutuhkan pengobatan. Minimal dengan membersihkan mata. Selebihnya, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi permasalahan yang lebih berat. Sebab bila kita biarkan, bisa menyebabkan keparahan kondisi dan mengganggu fungsi jaringan mata.

BACA JUGA: 7 Obat Sakit Mata Anak yang Aman dan Ampuh

Itulah beberapa jenis obat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit mata merah. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau apoteker, agar pengobatannya berjalan maksimal dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *