7 Obat Sakit Mata Anak yang Aman dan Ampuh


Apakah berbeda antara obat sakit mata anak dengan orang dewasa? Pada umumnya memang obat dibuat dengan bahan dan peruntukan yang spesifik. Dosisnya pun menyesuaikan dengan usia pasien.

Sakit mata merupakan kondisi gangguan kesehatan penglihatan yang mayoritas terjadi karena infeksi virus, bakteri dan jamur. Bisa juga karena ada permasalahan lain seperti kondisi trauma atau cedera. Hal ini tentunya bisa terjadi pada usia dewasa maupun anak-anak.

Sebagai orang tua atau yang mendampingi anak, tentunya sangat memperhatikan pengobatannya bila hal ini terjadi pada anak. Sebab tidak sembarang pengobatan bisa kita aplikasikan pada jaringan mata yang rentan dan sensitif.

Pada bahasan ini, kita akan mengulas beberapa obat sakit mata anak yang efektif dan aman untuk kita gunakan.

Artificial tears yang menyerupai air mata

ilustrasi anak kecil menangis
Sumber gambar

Tak sedikit anak-anak jaman sekarang yang mengalami permasalahan mata seperti mata kering, perih dan terasa berat akibat paparan gadget. Sebab kini banyak kemajuan teknologi pendidikan dan kegiatan belajar mengajar yang berjalan secara online. Tak hanya itu, ada pula screen time anak-anak yang sudah memainkan game atau menonton hiburan dari layar handphone, laptop atau komputer.

Salah satu obat yang cukup aman untuk menjaga mereka dari kondisi mata kering adalah dengan menggunakan obat mata dalam format air mata buatan. Air mata memiliki peran melembabkan bola mata, sehingga tidak kering dan pedih. Namun ada kalanya paparan gadget terlalu intens dan lama. Berikan obat tetes mata ini sesuai dengan aturan pakai pada kemasan. Beberapa produk dengan fungsi ini seperti Insto Dry Eyes, Matafres atau Visine Tears.

Obat sakit mata anak yang alami dengan kompres

ilustrasi kompres mata
Sumber gambar

Sakit mata anak mungkin berupa kondisi radang ringan yang membuat kelopak merah atau matanya menjadi tidak nyaman. Kita bisa mengatasi hal ini dengan metode alami, yaitu mengompres. Umumnya, kompres dingin lebih banyak membantu. Cara ini sebagai pertolongan pertama sambil memantau jenis sakit mata apa yang sedang terjadi pada si kecil.

Bila anak sudah di usia yang bisa kita ajak berkomunikasi, tanyakan juga gejala yang mereka rasakan dan ulangi setiap beberapa menit sambil menunggu atau memutuskan obat atau penanganan yang tepat. Mengompres bisa kita lakukan pada jenis sakit mata yang kemerahan, terasa gatal atau perih. Sebab bisa meringankan ketidaknyamanan yang anak rasakan.

Cendo xitrol, obat sakit mata anak karena infeksi bakteri

Obat mata ini banyak menjadi rekomendasi dokter untuk pasien dengan gejala infeksi bakteri umum maupun pengobatan pasca operasi. Kandungan di dalamnya terdapat kandungan neomycin sulphate dan polymyxin sulphate B dan juga dexamethasone yang memiliki kemampuan mengantisipasi bengkak.

Cendo xitrol tergolong sebagai obat sakit mata yang bisa untuk segala usia. Khusus penggunaan untuk anak, kita bisa sesuaikan dengan anjuran dosis pada kemasan atau sesuai dengan resep dari dokter. Obat ini juga bisa kita beli secara bebas, untuk mengatasi kondisi infeksi bakteri seperti mata merah.

Erlamycetin Plus

Sakit mata akibat infeksi bakteri kadang tidak selesai dengan penggunaan obat dari apotik yang bisa kita beli tanpa resep dokter. Artinya, mungkin gangguan ini memang memerlukan pemeriksaan dan pengobatan yang lebih intensif.

Erlamycetin Plus ada kalanya menjadi salah satu obat yang tertera dalam resep dokter untuk mengobati sakit mata anak akibat adanya infeksi bakteri. Kandungannya adalah antibiotik seperti dexamethasone dan chloramphenicol. Fungsinya memerangi aktivitas bakteri dan mengurangi peradangan.

Meski kandungannya mungkin hampir sama dengan obat sakit mata yang terjual bebas di pasaran, ada kalanya terdapat perbedaan efektivitas. Karenanya obat ini hanya bisa kita dapatkan dengan menggunakan resep dokter. Obat mata ini tidak untuk anak dengan usia di bawah 2 tahun.

Lion Smile Kids Eye Drop

Melihat namanya, sudah pasti obat yang satu ini untuk anak-anak. Obat yang satu ini bisa membantu kita mengatasi sakit mata anak yang levelnya ringan. Seperti mata merah, terasa gatal, kecapekan karena gadget dan berbagai iritasi minor lainnya.

Kinerjanya dengan memulihkan retina, serta mencegah miopia karena sifatnya yang juga memelihara dan menjaga kekuatan mata. Selain itu bisa meredakan tekanan intraokular yang sedang tinggi karena paparan sinar yang kuat seperti dari gadget.

Obat ini hampir sama dengan jenis air mata buatan yang bisa melembabkan bola mata dan mencegah rasa tidak nyaman. Karena menggunakan bahan tanpa pengawet, relatif aman pemakaiannya.

Obat sakit mata anak dengan minyak camomile

ilustrasi minyak camomile
Sumber gambar

Mungkin sulit kita membayangkan mata anak ditetesi dengan minyak yang memang terkenal akan manfaatnya. Tapi, ada cara lain yang bisa kita lakukan dengan lebih aman. Teteskan minyak camomile ke dalam diffuser dan biarkan uapnya berada di udara. Posisikan anak dari jarak aman, sehingga bisa mendapatkan paparan uapnya secara tidak langsung.

Minyak camomile memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan pada kondisi infeksi. Hal ini bermanfaat bagi anak-anak yang sedang sakit mata. Sebab ketika masih di bawah umur, toleransi akan rasa sakit biasanya masih sangat kecil. Dengan cara tersebut, bisa menenangkan dan meredakan gejala dengan lembut dan tetap aman.

Memberikan ASI pada anak di bawah umur

ASI atau air susu ibu adalah asupan yang menenangkan dan menutrisi untuk anak. Dengan pemberian ini, bisa membuat anak merasa lebih nyaman dan sedikit membaik meski sedang merasakan sakit. Dengan kata lain, meski bukan obat mata sesungguhnya, tapi bisa meringankan kondisi rewel akibat menahan gejala yang sedang mereka rasakan. Cara ini bisa membantu bila belum menemukan obat mata yang sesuai untuk si kecil.

Di luar beberapa obat di atas, para tenaga medis atau dokter mungkin bisa saja memberikan resep dengan nama obat lainnya sesuai dengan keluhan yang terjadi pada anak. Bila membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menanyakan mengenai dosis, efek samping, apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan dalam menggunakan obat sakit mata anak ini pada si kecil.

BACA JUGA: 6 Obat Sakit Mata yang Ampuh Atasi Gejala Ringan

Apabila sakit mata tidak kunjung mereda, segera periksakan si kecil ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *