13 Obat Perut Kembung Alami dan Mudah Dilakukan


Banyak obat perut kembung secara alami yang bisa kita gunakan. Namun, dalam beberapa kondisi khusus, kita membutuhkan penanganan dengan produk medis yang ada di apotek maupun resep dari dokter.

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh, keras dan tidak nyaman. Terkadang bersamaan dengan merasakan sakit atau tekanan. Penyebab kemunculannya merupakan kondisi kesehatan yang ringan hingga sedang, seperti sembelit atau sindrom iritasi usus.

Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat adanya stres atau gangguan psikis dan faktor seperti udara di luar. Terlalu dingin, banyak angin, sedang nervous, bisa menyebabkan kondisi ini muncul.

Meski sebenarnya termasuk dalam kondisi yang ringan, tetapi gangguan ini bisa memicu buang gas, rasa sebah atau tidak konsentrasi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanganinya.

Kenali penyebab perlu obat perut kembung

ilustrasi penyebab perut kembung
Sumber gambar

Munculnya gas di perut bisa terjadi dengan atau tanpa pencetus. Bila kita tahu pencetusnya, rata-rata adalah karena faktor makanan, minuman, suhu udara atau gaya hidup lainnya. Tetapi ada juga kondisi medis atau psikis yang bisa menyebabkan hal ini. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kembung yang kita rasakan:

  • Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan mengakibatkan perut kembung. Makanan berlemak menyebabkan cairan lambung yang berlebihan dan juga menghambat proses pencernaan.
  • Makanan yang banyak berserat dapat memperlambat pencernaan sehingga memungkinkan adanya produksi gas.
  • Muntah dan diare bisa menjadi pencetus perut kembung karena meningkatnya tekanan dalam usus.
  • Beberapa penyakit, seperti sindrom iritasi usus, sindrom borok, dan gastroparesis, dapat menyebabkan perut terasa begah dan menghasilkan gas berlebih
  • Penyalahgunaan obat-obatan, seperti obat penenang atau obat stimulan.
  • Alergi makanan dapat menyebabkan perut kembung karena reaksi pencernaan tubuh yang terhambat
  • Masalah pencernaan, seperti luka lambung, masalah usus, dan kekurangan enzim pencernaan.
  • Perubahan hormon, seperti pada masa menstruasi, menopause, atau kehamilan, dapat menyebabkan asupan cairan lambung yang berlebihan.
  • Penyakit kronis, seperti diabetes, hepatitis, dan jantung, dapat menyebabkan perut kembung.
  • Konsumsi minuman beralkohol meningkatkan asupan cairan dan gas lambung.
  • Tekanan yang berlebihan menyebabkan meningkatnya asupan cairan lambung. Baik tekanan udara, tubuh maupun pada kondisi psikis
  • Kebiasaan makan yang buruk, seperti makan terlalu cepat atau makan terlalu berlebihan, dapat menyebabkan perut kembung.
  • Faktor suhu udara yang terlalu dingin atau menggunakan AC.

Pilihan obat perut kembung dari bahan alami

ilustrasi mengatasi perut kembung
Sumber gambar

Perut begah atau kembung memang bisa mengganggu kenyamanan, tetapi sebagian besar bukan kondisi serius yang memerlukan obat. Karena termasuk gejala yang ringan, kadang gangguan ini bisa hilang sendiri atau kita atasi dengan beberapa metode alami berikut ini:

  1. Madu dan jus lemon. Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan jus lemon dan minumlah campuran ini setiap pagi saat perut kosong lalu pungkasi dengan air hangat. Atau bisa juga kita konsumsi saat gejala terjadi. Pastikan lambung tidak sensitif untuk menggunakan metode ini.
  2. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mengurangi kadar gas di dalam perut. Campurkan satu sendok/kantong teh hijau dengan segelas air mendidih selama 30 detik. Tiriskan dan campur dengan air suhu netral secukupnya hingga hangat. Kemudian minum perlahan.
  3. Jahe memiliki senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit pada perut kembung. Rebus satu sendok makan jahe dalam segelas air hingga mendidih. Bisa kita campur dengan bahan lain seperti kunyit, sereh atau bahan lain yang kita inginkan. Setelah dituang dan suhunya agak turun, bisa kita konsumsi perlahan atau tambahkan madu agar lebih terasa.
  4. Bawang putih mengandung senyawa antimikroba dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar usus. Rebus satu sendok bawang putih dalam segelas air hingga mendidih. Konsumsi setelah dingin.
  5. Biji lada mengandung senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit pada perut kembung. Kita juga bisa menyertakannya dalam makanan seperti kuah sup atau sayuran. Konsumsi pada suhu hangat.
  6. Jahe dan madu. Campurkan satu sendok makan jahe dengan satu sendok makan madu dan minumlah campuran ini setiap hari. Ini adalah obat alami yang ampuh untuk mengatasi perut kembung.

Cara mengatasi dengan metode non obat

Selain cara herbal di atas, ada beberapa metode sehari-hari yang bisa kita lakukan untuk meringankan gejala kembung. Di antaranya adalah berikut ini:

  • Menggunakan probiotik dapat membantu meningkatkan flora usus sehingga meningkatkan kesehatan sistem cerna.
  • Mengonsumsi air hangat atau mengompres di perut.
  • Menggunakan pakaian hangat, seperti jaket, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kaos kaki.
  • Menggunakan obat gosok seperti kayu putih, minyak angin atau sejenisnya. Sebab cara ini bisa menyalurkan rasa hangat di perut dan memicu gas keluar.
  • Terpapar sinar matahari sangat membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang bisa untuk memulihkan kondisi dari berbagai keluhan. Selain itu hangatnya bisa membantu meredakan gejala.
  • Cukup tidur agar membantu tubuh dan sistem cerna lebih rileks. Lakukan di posisi yang tidak membuat tekanan perut semakin berat. Oleskan obat gosok untuk membantu pemulihan.
  • Relaksasi. Karena kembung bisa terjadi karena adanya stres, gunakan metode relaksasi atau mengalihkan diri dengan kegiatan lain sehingga tubuh lebih rileks.

Waspada dengan potensi angin duduk

ilustrasi angin duduk
Sumber gambar

Perut kembung dan angin duduk adalah dua gejala yang berhubungan. Beberapa gejala angin duduk yang mengarah ke serangan jantung terkadang berkaitan dengan rasa kembung. Angin duduk atau flatulensi adalah hasil dari gas yang terjebak di dalam usus. Kondisi ini dapat menyebabkan kembung perut dan biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman, panas dingin, gelisah dan tekanan pada beberapa area tubuh.

Beberapa jenis angin duduk bisa mengarah pada kondisi serius seperti serangan jantung. Umumnya terjadi pada mereka yang terlalu lelah, kurang istirahat, obesitas, sering bertugas atau keluar malam, tidak menjaga kesehatan dan pola makan. Selain itu sangat berpotensi pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

BACA JUGA: Kenapa Terjadi Sakit Perut Sebelah Kanan? Ini Penjelasannya

Karena itu, jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan agar terhindar dari kembung. Sebab hal ini bisa mengarah pada kondisi yang serius bila kita meremehkan beragam gejala ringan dan tidak memperbaikinya. Pelihara aset tubuh kita. Tentunya dengan menjaga pola hidup sehat, teratur dan seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *