7 Manfaat Anggur Merah, Si Kecil yang Banyak Khasiat


Buah anggur merah banyak kita temui di pasaran. Tak berbeda dari jenis anggur lainnya, buah yang satu ini memang merupakan salah satu sumber antioksidan dan anti penuaan.

Penggunaan anggur merah bukan hanya sebagai makanan, namun juga dapat menjadi bahan untuk pembuatan produk perawatan kulit. Kandungan dalam buah yang memiliki banyak varian ini antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, polifenol, kandungan serat dan air sehingga rasanya menyegarkan. 

Masih sedikit yang mengetahui manfaat anggur merah lebih dari sekedar buah-buahan. Kali ini kita akan membahas tentang keunggulan anggur merah bagi kesehatan manusia.  

Anggur merah untuk kesehatan mata

Ilustrasi mata lelah
[Sumber gambar]
Buah yang tumbuh bergerombol ini memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaksantin. Anti oksidan ini dapat melindungi dari dampak jangka panjang stres oksidatif yang mengenai mata kita. Misalnya mata lelah atau stres yang dapat menyebabkan terjadi glaukoma, katarak dan penurunan kemampuan jarak pandang. Sebagai catatan, khasiat ini memang untuk pemeliharaan, bukan penyembuhan pada kondisi tersebut. 

Ibarat gigi, saat ada problem kesehatan, maka kita perlu menangani masalah pada gigi tersebut. Suplemen lainnya hanya bersifat pemeliharaan. Begitu Pula dengan mata. Jika kondisi katarak atau glaukoma sudah ada, maka perlu penanganan langsung dengan dokter ahlinya. 

Kandungan anti penuaan luar dan dalam tubuh

Penuaan itu pasti, dan bisa menyerang bukan hanya kulit yang tampak dari luar, namun di dalam tubuh, seperti otak dan sistem saraf. Dengan antioksidan serta vitamin E yang alami dan baik dari anggur merah, dapat memperlambat penuaan tersebut. Dengan mendukung sirkulasi darah di seluruh tubuh, hingga sampai ke jaringan kulit dan rambut, manfaat ini tidak hanya baik bagi yang menjelang usia tua, tapi juga sejak dini. 

Misalnya mencegah keriput dini pada kulit, akibat paparan matahari, kosmetik dan radikal bebas lainnya. Atau bahkan alzheimer yang bisa muncul karena adanya faktor usia maupun stres.

Buah anggur merah sehat untuk jantung

Ilustrasi kesehatan jantung
[Sumber gambar]
Pada umumnya, buah segar memang membawa kebaikan bagi jantung. Anggur merah juga tak terkecuali. Melansir dari beberapa sumber, anggur merah merupakan sumber makanan berserat yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan menjaga sirkulasinya. 

Meski demikian, sudah makan anggur bukan berarti kita bisa meremehkan kebiasaan lainnya. Misalnya merokok atau konsumsi makanan dengan kandungan garam, lemak dan kolesterol tinggi. Sebaiknya tetap lakukan gaya hidup yang lebih seimbang ya. Seperti makanan sehat, cukup istirahat, serta olahraga dan meninggalkan kebiasaan merokok. 

Apakah aman bagi penderita diabetes?

Buah anggur merah biasanya memiliki rasa yang cenderung segar, namun juga manis. Beberapa orang dengan kecenderungan gula darah tinggi biasanya menghindari buah seperti ini. Sebenarnya, kita masih boleh mengonsumsi buah manis. Caranya adalah dengan memperhitungkan asupan karbohidrat dan makanan kita secara keseluruhan. 

American Diabetes Association misalnya yang telah menyatakan bahwa buah anggur aman kita konsumsi, selama tetap menjaga keseimbangan nutrisi yang masuk, kondisi gula darah kita dan asalkan porsinya tidak berlebihan. 

Mencegah inflamasi dan alergi

Anggur adalah buah dengan efek anti radang yang cukup baik. Meski bukan sebagai obat, namun ekstraknya sering menjadi bahan untuk suplemen dalam mencegah alergi dan inflamasi. Misalnya pada suplemen kesehatan mata, suplemen diet atau suplemen kesehatan jantung. 

Bila kita konsumsi secara rutin dan tidak berlebihan, dapat memberikan asupan harian yang meningkatkan kekebalan tubuh atau menjaga imunitas dari respon alergi. Sehingga tidak mudah bersin, gatal atau kemerahan. 

Makan anggur merah untuk atasi konstipasi

Ilustrasi atasi konstipas dengan anggur merah
[Sumber gambar]
Fungsi alami buah anggur sebagai buah adalah sumber makanan penghasil serat. Selain itu, kandungan airnya juga cukup kaya. Makan buah anggur atau minum jus anggur alami, bisa membantu kita lebih lancar buang air besar.

Selain merawat kondisi iklim pencernaan, seratnya membantu pergerakan usus sehingga tidak terjadi konstipasi. Padukan dengan konsumsi buah lainnya, seperti pepaya, buah naga atau pisang, bila kita termasuk orang yang memiliki sistem pencernaan lambat. 

Buah kecil yang menyehatkan tulang

Manfaat buah ini semakin lengkap dengan adanya kalsium yang menunjang kesehatan tulang. Menjadikan buah yang satu ini cukup baik kita konsumsi bila ingin menjaga tubuh yang mulai mengalami penuaan dan gangguan lain, seperti masalah persendian atau memelihara kepadatan tulang. Selain efek memperlambat penuaan, juga bisa menjaga kondisi tulang dan sendi kita tetap prima. 

BACA JUGA: 6 Manfaat Buah Naga yang Tak Kalah dari Superfood

Anggur merah bukan hanya judul lagu dangdut legendaris, buah aslinya lebih banyak memberikan manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Tapi, bukan hanya buah ini saja. Semakin berwarna-warni jenis buah yang kita konsumsi, niscaya bisa membantu memenuhi asupan vitamin dan enzim yang tubuh butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *