Berbagai Macam Alat Bantu Pendengaran


Sebelum memilih dan membeli alat bantu pendengaran, simak penjelasan di bawah ini.

Semakin majunya teknologi memberikan dampak positif bagi dunia kesehatan. Satu pertolongan besar bagi mereka yang memiliki masalah pada fungsi telinga. Kini, dengan menggunakan alat bantu pendengaran, mereka yang kurang atau tidak mampu mendengar bisa berkomunikasi dengan lebih baik.

Tetapi, dengan semakin majunya teknologi, juga berdampak pada bagaimana cara memiliki alat bantu pendengaran. Semakin hari, semakin banyak jenis alat bantu pendengaran sehingga membutuhkan kecermatan dan ketepatan untuk mendapatkan produk terbaik. Mari ketahui caranya lewat artikel ini.

Alasan mengapa alat bantu pendengaran berbeda-beda

ilustrasi alat bantu dengar
Sumber gambar

Secara umum, alat bantu pendengaran ini terdiri dari dua macam atau tipe, yaitu alat bantu pendengaran standard dan custom. Perbedaan lain untuk alat bantu pendengaran adalah modelnya yang memiliki berbagai macam bentuk. Model ini bergantung pada ukuran dan di mana alat bantu pendengaran tersebut akan diletakkan, bisa di luar atau di dalam telinga.

Ingin memiliki alat bantu pendengaran namun belum tahu cara memilihnya? Tak perlu bingung karena pada dasarnya setiap model alat bantu dengar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu, alat bantu pendengaran ini juga bisa dibilang unik karena setiap pemakainya pasti memiliki karakter dan pilihan masing-masing.

Selain itu, model alat bantu pendengaran pada satu orang juga belum tentu cocok untuk pengguna lainnya. Ini karena setiap pengguna memiliki gangguan pendengaran yang berbeda-beda. Karena itu, yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memiliki alat bantu pendengaran adalah model seperti apa yang paling cocok untuk digunakan.

Jenis-jenis alat bantu pendengaran

Alat bantu pendengaran biasanya tersedia di toko alat-alat kesehatan. Saat ini ada tiga model alat bantu pendengaran yang bisa Anda temukan. Apa saja?

Behind-the-Ear (BTE)

Model alat bantu pendengaran Behind-the-Ear ini pemasangannya pada bagian atas atau di belakang daun telinga. Komponen-komponen utamanya terletak di dalam kotak yang posisinya berada pada bagian belakang telinga. Alat ini kemudian akan terkoneksi pada tabung suara atau earmold custom lewat kabel tipis.

Custom atau In-the-Ear (ITE)

Pada alat bantu pendengaran custom atau In-the-Ear, seluruh bagian dari perangkat ini terletak pada saluran telinga, atau di dalam rongga telinga. Tipe ini memiliki beberapa model yang berbeda, seperti Completely-in-Canal (CIC) atau Invisible-in-Canal (IIC).

Receiver-in-Canal (RIC) dan Receiver-in-the-Ear (RITE)

Antara Receiver-in-Canal dengan Receiver-in-the-Ear memiliki persamaan dengan alat bantu pendengaran model BTE. Perbedaannya adalah posisi receiver atau speaker tidak terletak di dalam kotak yang terpasang di belakang telinga. Alat tersebut berada di dalam saluran telinga.

Setiap alat bantu pendengaran memiliki kelebihan dan kekurangan

ilustrasi kelebihan dan kekurangan alat bantu dengar
Sumber gambar

Ada banyak jenis dan model alat bantu pendengaran. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan. Ini harus Anda ketahui sebelum membeli agar tahu mana alat bantu pendengaran terbaik yang wajib jadi pilihan.

Behind-the-Ear

Alat bantu pendengaran Behind-the-Ear (BTE) merupakan model yang populer dan banyak jadi pilihan masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, teknologi dan desain yang dimiliki oleh alat bantu pendengaran BTE ini juga semakin canggih.

Kelebihan dari model BTE ini yaitu memiliki kualitas terbaik (terbukti dari popularitasnya) serta mudah untuk dilepas-pasang di telinga. Hanya saja, bicara tentang kekurangan adalah bentuknya yang cukup terlihat sehingga mungkin akan mengganggu untuk mereka yang mementingkan style. Tetapi dengan semakin majunya teknologi alat bantu pendengaran, kini sudah ada BTE dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tampilannya tidak terlalu mencolok.

Custom atau In-the-Ear

Alat bantu pendengaran tipe ITE merupakan produk yang bisa disesuaikan model dan penggunaannya (custom). Bentuknya menyesuaikan liang telinga penggunanya dengan model yang berbeda-beda, tergantung garis telinga penggunanya.

Untuk kelebihan alat bantu pendengaran tipe ITE ini adalah bentuknya yang kecil dan tidak terlihat karena terletak di dalam saluran telinga. Tetapi, karena ukurannya yang kecil membuat pengguna membutuhkan waktu lebih lama saat melepas dan memasangnya. Selain itu, alat bantu pendengaran ITE juga rentan mengalami kerusakan akibat masalah kelembapan di dalam saluran telinga. Kotoran-kotoran yang menumpuk di dalam juga bisa menyumbat mikrofon. Selain itu, tipe ITE juga punya kelemahan pada baterai yang cepat habis.

Receiver-in-Canal dan Receiver-in-the-Ear

Kelebihan RIC/RITE adalah modelnya yang kecil dan terpasang di belakang telinga. Selain itu, bila speaker RIC/RITE mengalami kerusakan juga bisa diganti dengan yang baru.

Bicara tentang kekurangan, alat bantu pendengaran model RIC/RITE juga memilikinya. Letak speaker yang berada di dalam telinga memerlukan perhatian lebih karena rentan terhadap penyumbatan yang disebabkan oleh kelembaban atau kotoran telinga

Bagaimana alat bantu pendengaran bekerja?

ilustrasi cara kerja alat bantu dengar
Sumber gambar

Tak kenal maka tak sayang. Selain paham tentang tipe dan model alat bantu pendengaran, ketahui juga bagaimana metode kerjanya sehingga Anda bisa menentukan pilihan dengan lebih mudah.

Ada banyak jenis alat bantu pendengaran, tetapi pada dasarnya semua sama, yaitu perlengkapan yang terdiri dari komponen-komponen elektronik, seperti mikrofon, amplifier, speaker, dan baterai. Dengan alat ini, seseorang dengan pendengaran yang lemah akan sangat terbantu karena bisa mendengar suara dengan jelas dan lebih keras.

Saat bekerja, komponen mikrofon akan mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik. Kemudian gelombang tersebut berlanjut ke amplifier sehingga memiliki volume yang lebih keras. Output, atau hasil suaranya kemudian sampai ke speaker dan tersampaikan kepada pengguna alat bantu pendengaran ini.

BACA JUGA: Jangan Disepelekan, Ini 7 Penyebab Telinga Gatal

Seperti yang kita ketahui bahwa alat bantu pendengaran merupakan perangkat elektronik kecil yang biasanya terpasang di dalam atau di belakang telinga. Tujuan penggunaannya adalah untuk memberikan bantuan untuk pendengaran yang lebih jelas. Dengan pendengaran yang lebih jelas, seseorang dengan kemampuan yang lemah akan lebih mampu memahami bicara orang lain, sekaligus memberikan kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *