5 Penyebab Telinga Berdarah dan Solusi Mengatasinya


Ketahui penyebab telinga berdarah agar bisa mendapatkan solusi mengatasinya.

Wah, tiba-tiba saja telinga terasa nyeri. Indera pendengaran ini merupakan organ vital sehingga selalu bikin khawatir kalau terasa sakit. Rasa cemas akan semakin berdarah ketika mengetahui bahwa telinga Anda ternyata berdarah. Aduh!

Ada banyak penyebab telinga berdarah. Umumnya, perdarahan pada telinga bisa terjadi akibat gangguan-gangguan pada organ tersebut. Lebih gawat lagi, telinga berdarah ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda harus mendapatkan pertolongan secepatnya.

Salah satu yang harus Anda lakukan ketika telinga mengeluarkan darah adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Lewat bantuan medis, pasien bisa mengetahui apa penyebab telinga berdarah sekaligus mendapatkan bantuan pengobatan untuk mendapatkan kesembuhan.

Namun, tak kenal maka tak sayang. Daripada berandai-andai sendiri, mari kita pelajari penyebab telinga berdarah dan bagaimana solusi mengatasinya. Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab telinga berdarah itu apa?

ilustrasi sebab telinga berdarah
Sumber gambar

Pada kasus yang sangat umum, telinga berdarah itu merupakan kesalahan ‘pemiliknya.’ Misal, terasa gatal di bagian dalam, kemudian dikorek-korek dengan menggunakan jari kelingking. Eh, ternyata lupa belum potong kuku. Alhasil, bagian dalam telinga pun tergores dan mengeluarkan darah.

Itu adalah penyebab umum. Masih ada banyak hal lainnya yang menjadi penyebab telinga berdarah. Apa saja kira-kira?

Infeksi telinga

Penyebab telinga berdarah yang pertama adalah karena infeksi pada bagian telinga. Ini sering terjadi, mulai pada anak-anak hingga orang dewasa. Bila rasa sakit diikuti dengan infeksi telinga, penderita biasanya akan mengalami gejala-gejala umum, seperti demam dan sakit kepala. Kemudian juga ada gejala yang lebih spesifik, yaitu telinga memerah, membengkak dan terasa sakit, serta membuat sulit beristirahat.

Infeksi telinga juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan akibat dari adanya tekanan pada telinga. Selain itu, leher juga bisa terasa sakit, seiring dengan sulitnya mendengarkan suara akibat kesehatan organ pendengaran yang terganggu.

Telinga kemasukan benda asing

Ingat bahwa telinga memiliki lubang sehingga memungkinkan benda-benda asing dan kecil dari luar, masuk ke dalamnya. Ada banyak video YouTube yang memperlihatkan bagaimana langkah penyelamatan pasien yang telinganya kemasukan serangga. Dari semut, laba-laba, hingga kecoa yang bersarang lama di dalamnya.

Ketika ada benda atau serangga yang masuk ke dalam lubang telinga, penderita akan merasakan ketidaknyamanan. Penyebab telinga berdarah pada kasus ini ada beberapa hal. Bisa karena gigitan, bisa juga akibat tindakan dari penderita itu sendiri yang mengorek bagian dalam telinga hingga menjadi penyebab telinga berdarah.

Waspadai ketika Anda merasa telinga sakit, seperti ada tekanan pada organ tersebut, ada cairan yang keluar, pusing, hingga pendengaran yang terganggu. Sangat disarankan untuk tidak melakukan tindakan-tindakan mandiri yang semakin memperparah kondisi telinga. Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Barotrauma

ilustrasi telinga bermasalah
Sumber gambar

Penyebab telinga berdarah juga bisa akibat dari peristiwa alami. Kemungkinan ini terjadi karena adanya perubahan ketinggian secara tiba-tiba sehingga menyebabkan barotrauma. Penyebab telinga berdarah ini adalah trauma akibat perbedaan tekanan udara yang cukup tinggi.

Orang-orang yang bisa mengalami barotrauma adalah mereka yang beraktivitas di ketinggian atau kedalaman laut, seperti terjun payung, terbang dengan pesawat, hingga diving. Ada kemungkinan, penyebab telinga berdarah adalah karena pecahnya gendang telinga.

Untuk mengetahui bahwa gendang telinga robek atau pecah, perhatikan gejala-gejala yang muncul setelah pendengaran terasa sakit. Mulai dari rasa pusing, sensasi suara berdenging, seperti ada tekanan pada telinga, sulit mendengarkan pembicaraan atau suara dari luar.

Gendang telinga pecah

Nah, bila ternyata penyebab telinga berdarah adalah gendang telinga pecah, berarti Anda mengalami masalah serius. Telinga memiliki selaput tipis yang memisahkan bagian luar dan dalam.

Robeknya organ ini bisa menjadi penyebab telinga berdarah, diikuti dengan beberapa gejala lain, seperti telinga yang terasa penuh, mendengar suara mendenging, gangguan keseimbangan yang membuat Anda seperti berputar-putar, hingga terjadi vertigo yang bisa menyebabkan mual dan muntah.

Kanker saluran telinga

Penyebab telinga berdarah juga bisa berasal dari problem kesehatan yang serius, yaitu kanker telinga. Ini terjadi sebagai akibat dari adanya kanker kulit pada telinga bagian luar. Satu kesimpulan menyebutkan bahwa penderita yang mengalami infeksi telinga kronis hingga 10 tahun atau lebih punya risiko lebih tinggi untuk mengalami kanker saluran telinga.

Penyebab telinga berdarah akibat kanker telinga memunculkan gejala-gejala umum hingga luar biasa. Pada dasarnya, pasien akan mengalami gangguan pendengaran, rasa sakit pada telinga, telinga berdenging, hingga sakit kepala.

Sementara untuk gejala yang tidak umum, penderita bakal mengalami bengkak pada kelenjar getah bening dan kelumpuhan pada wajah. Selain itu, mereka juga akan mengalami penurunan kualitas penglihatan yang kian lama, kian kabur.

Kapan saat yang tepat untuk pergi ke dokter?

ilustrasi pemeriksaan telinga
Sumber gambar

Beberapa penyebab telinga berdarah memiliki gejala yang sama, yaitu munculnya rasa nyeri atau sakit. Tetapi bagaimana cara mengetahui untuk mendapatkan perawatan dari dokter?

Bila penyebab telinga berdarah adalah luka pada bagian yang dangkal dan Anda tahu persis penyebabnya, misal setelah mengorek atau membersihkan kotoran, bisa lanjutkan dengan pengobatan secara mandiri.

Lain halnya bila penyebab telinga berdarah terasa ‘misterius,’ muncul tanpa ada dugaan sebelumnya. Bila terjadi, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Untuk mengatasi penyebab telinga berdarah, dokter biasanya melakukan beberapa langkah penyembuhan. Mulai dari pemberian antibiotik untuk mengobati dan membersihkan infeksi akibat bakteri.

Selain itu untuk meredakan penyebab telinga berdarah, dokter juga akan memberi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Ini dilakukan agar pasien merasa lebih nyaman, sekaligus mengurangi kemungkinan penderita menyentuh atau mengorek bagian yang sakit, yang bisa memperparah gangguannya.

Pertolongan pertama untuk penyebab telinga berdarah

Selain mengetahui penyebab telinga berdarah, ada baiknya juga memahami tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama.

Telinga kemasukan benda asing

Bila penyebab telinga berdarah adalah akibat kemasukan benda asing, usahakan untuk tetap tenang. Jika benda tersebut terlihat dan mudah dilepas, coba keluarkan dengan tangan atau alat seperti pinset dan tarik keluar perlahan. Selanjutnya, berikan pengobatan secukupnya untuk menghentikan penyebab telinga berdarah.

Kalau kasusnya benda asing tersebut ada di dalam telinga, coba untuk memiringkan kepala terlebih dahulu. Ketahui apakah benda tersebut bisa keluar dengan sendirinya atau tidak. Bila ternyata menyangkut, hubungi petugas medis. Jauhi tindakan yang bisa memperparah keadaan, seperti mencoba mengoreknya sendiri atau memukuli kepala dengan harapan bendanya keluar.

Telinga kemasukan serangga

Tetap tenang, jangan panik dan jangan gunakan jemari untuk mencoba mengeluarkannya sendiri. Serangga yang terganggu bisa melakukan ‘aksi nekat’ untuk menyelamatkan dirinya, seperti menyengat bagian dalam telinga Anda.

Sebagai pertolongan pertama, coba putar kepala hingga menghadap ke atas, Harapannya, serangga itu akan keluar sendiri atau terbang. Kalau tidak berhasil, tuangkan baby oil atau minyak zaitun. Serangga yang terperangkap minyak akan mati lemas dan bisa Anda keluarkan nanti.

Kalau cara-cara di atas gagal, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.

Gendang telinga pecah

Pertolongan pertama penyebab telinga berdarah akibat gendang telinga pecah adalah dengan menempatkan kapas steril di liang telinga luar. Ini dilakukan sebagai upaya menjaga bagian dalam telinga tetap bersih. Selanjutnya kunjungi dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

Luka di luar telinga

Ketika penyebab telinga berdarah ada di bagian luar, tekan luka tersebut sampai perdarahan berhenti. Kemudian tutupi dengan balutan steril yang bentuknya sesuai telinga dan rekatkan dengan longgar. Kemudian oles kompres dingin di atas balutan untuk meredakan nyeri dan bengkak.

Tetapi bila penyebab telinga berdarah berupa sayatan hingga ada bagian yang terpotong, segera cari bantuan medis. Sambil menunggu petugas kesehatan, letakkan bagian yang tersayat pada kain bersih dan simpan di atas es batu.

Cairan dari dalam telinga

Bagaimana kalau penyebab telinga berdarah disertai dengan cairan? Lakukan pertolongan pertama dengan menutupi bagian luar telinga dengan perban steril yang dibentuk sesuai bentuk telinga, lalu tempelkan dengan longgar. Miringkan kepala sehingga jalannya darah bisa keluar ke bawah. Bila melakukan pertolongan dan penderita mengalami cidera leher atau punggung, pastikan posisi tubuhnya tetap untuk meminimalisir risiko yang lebih parah.

BACA JUGA: 6 Penyebab Telinga Berdengung dan Pencegahannya

Apa pun penyebab telinga berdarah, jangan panik. Ketahui dan kuasai situasi terlebih dahulu untuk tahu apa yang harus dilakukan kemudian. Selanjutnya, jangan lupa untuk meminta bantuan medis bila memerlukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *