Sering Lelah Berkepanjangan, Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya


Setiap orang pasti pernah merasakan lelah, terutama setelah menjalani hari yang berat. Lelah sendiri bisa disebabkan keadaan fisik, maupun pikiran setelah menghadapi keseharian. Sebab itu istirahat merupakan aspek penting pada setiap orang.

Akan tetapi, apakah kamu pernah merasa lelah secara terus-terusan meskipun telah beristirahat? Ini tentu saja akan mengganggu aktivitas keseharianmu. Hal ini bisa jadi tanda dari masalah kesehatan tertentu pada tubuh yang butuh penanganan khusus. Berbagai penyebab di bawah bisa jadi faktor kelelahan berkepanjangan pada diri kamu. Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Masalah tidur

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan kelelahan berkepanjangan pada tubuh. Kurang tidur atau jam tidur yang tidak teratur dapat memperburuk keadaan fisik maupun mental. Masalah tidur sendiri bisa dikarenakan banyak hal seperti henti napas saat tidur (sleep apnea), penggunaan smartphone sebelum tidur, dan beragam gangguan lain.

[sumber gambar]
Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur lelap setidaknya tujuh jam setiap malam. Jika kuantitas tersebut tidak sesuai akan mempengaruhi tubuh, seperti memiliki utang tidur. Akumulasi ini akan membuat orang mudah merasa lelah. Dalam jangka panjang, bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis.

2. Stres

[sumber gambar]
Gangguan kesehatan mental seperti stress akan tekanan berbagai hal dapat membuat tubuh tidak bugar dan mudah lelah. Stres dapat juga mempengaruhi pola tidur seseorang. Kebanyakan, orang yang mengalami stres menjadi banyak tidur atau kurang tidur. Dengan adanya hal tersebut tubuh seseorang akan mudah lelah secara fisik maupun mental.

3. Konsumsi karbohidrat berlebih

[sumber gambar]
Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Saat dikonsumsi, karbohidrat akan pecah menjadi gula yang kemudian menjadi energi. Akan tetapi, terlalu banyak asupan karbohidrat pada tubuh akan mengganggu keseimbangan dan membuat kita mudah lelah sepanjang hari. Tidak jarang setelah makan siang berlebihan kita merasa ngantuk dan sulit untuk melanjutkan pekerjaan.

Saat mengonsumsi karbohidrat dan asupan manis, kadar gula darah akan melonjak dan seketika turun dengan cepat. Naik turun kadar gula dengan cepat inilah yang membuat kamu tiba-tiba lebih lesu.

4. Kurang asupan kalori

[sumber gambar]
Selain asupan berlebih, kekurangan asupan seperti kalori juga dapat menyebabkan tubuh gampang lelah. Kalori sendiri merupakan satuan energi dalam asupan sehari-hari. Tubuh kita setidaknya membutuhkan kalori untuk bernapas, bergerak, menjaga suhu tubuh, dan sebagainya. Ketika kita kekurangan asupan kalori, proses metabolisme pada tubuh akan melambat dan terganggu.

Setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda, diukur dari tinggi dan berat badan, usia, dan faktor kesehatan lain. Rata-rata secara normal seseorang membutuhkan 2.000 kalori per hari. Sedangkan untuk batas rendah agar metabolisme stabil adalah 1.200 kalori per hari.

5. Kurang konsumsi protein

[sumber gambar]
Minimnya asupan protein dalam tubuh juga dapat mengakibatkan kamu mudah mengalami kelelahan. Pasalnya, protein berfungsi penting menunjang metabolism tubuh. Coba konsumsi asupan protein yang berkualitas dan rendah lemak untuk tetap menjaga kebugaran tubuh saat beraktivitas. Beberapa contoh protein bisa kita dapatkan melalui konsumsi kacang-kacangan, olahan kedelai, daging, telur, dan sebagainya.

6. Kurang minum

Cairan dalam tubuh bisa berkurang karena beberapa hal seperti berkeringat, buang air kecil, dan kurang minum. Beberapa penelitian menyebutkan, menjaga cairan dalam tubuh dapat mempertahankan energi tubuh. Tanpa energi tubuh akan kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari.

[sumber gambar]
Untuk menjaga konsumsi cairan tersebut, minumlah air putih yang cukup. Jumlah ideal kecukupan cairan seorang bisa berbeda-beda sesuai dengan aktivitas yang dikerjakan, berat badan, dan usia. Ketika kamu merasakan tubuh dehidrasi, gejala paling umum adalah haus, pusing, sakit kepala, dan lemas. Jika mengalami hal tersebut segera meminum air yang cukup.

7. Perasaan malas

[sumber gambar]
Malas gerak atau mager sering menjadi alasan utama orang menjadi mudah lelah seharian. Berbaring seharian tanpa beraktivitas banyak terjadi terutama pada kalangan anak muda. Orang yang jarang bergerak atau olahraga cenderung mengalami penurunan stamina. Untuk menghilangkannya, coba tinggalkan tempat duduk untuk sekadar berjalan ke kamar mandi atau mengambil minum setiap 15 menit sekali.

BACA JUGA: 6 Cara Meredakan Stress Akibat PPKM Tak Kunjung Usai

Selain itu, pilihlah gaya hidup yang membuat kamu aktif seperti berjalan kaki, menaiki tangga dibanding lift, atau membersihkan ruangan secara teratur. Selain itu usahakan untuk rutin berolahraga minimal dua kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *