Rekomendasi Obat Anyang-Anyangan Alami


Saat kecil, pernah mendengar larangan dari orang tua untuk tidak kebanyakan lompat-lompat? Mereka mengatakan bahwa kalau sering melompat nanti mengalami anyang-anyangan. Ini adalah gangguan seperti rasa sakit atau nyeri, hingga terasa panas seperti terbakar setiap kali buang air kecil sehingga membutuhkan obat anyang-anyangan sesegera mungkin.

Ya, gangguan saluran pencernaan ini jangan dibiarkan begitu saja. Kalau tidak segera mendapatkan obat anyang-anyangan, siksaan tersebut akan lama pergi. Nyeri yang juga disebut sebagai disuria itu bisa mengganggu aktivitas Anda seharian.

Berdasarkan penelitian para ahli, nyeri yang terjadi akibat anyang-anyangan itu berasal dari urin asam yang mengiritasi lapisan kandung kemih dan uretra. Karena rusaknya lapisan tersebut, urin asam menimbulkan rasa nyeri hingga panas seperti terbakar.

Walaupun sangat mengganggu, anyang-anyangan biasanya akan sembuh dengan sendirinya, kecuali dalam beberapa kasus yang membutuhkan perawatan khusus. Untuk gangguan ringan, yang harus Anda ketahui adalah obat anyang-anyangan yang tepat dan cepat atasi masalah tersebut.

Obat anyang-anyangan alami yang mudah dan bisa dilakukan di rumah

ilustrasi obat anyang-anyangan alami
Sumber gambar

Bila merasa gangguan ringan saja, Anda membutuhkan obat anyang-anyangan alami yang bisa dilakukan secara mandiri. Ketahui supaya bisa mengatasinya di kemudian hari.

Banyak minum air putih

Obat anyang-anyangan alami pertama yang wajib Anda tahu adalah dengan meminum banyak air putih. Tujuannya agar urin dapat keluar dengan lancar, sekaligus membantu membuat bakteri penyebab infeksi. Perlu Anda catat pula, setelah meminum banyak air putih, jangan menunda lagi untuk buang air kecil.

Memiliki gaya hidup yang lebih sehat

Ada kemungkinan pula bahwa gangguan sistem pencernaan ini merupakan pertanda atau gejala dari sakit berat. Bila itu alasannya, infeksi saluran kemih membutuhkan pengobatan lebih lanjut, di mana salah satu obat anyang-anyangan yang alami dan tepat adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah berhenti merokok, membersihkan alat kelamin, bila perlu menggunakan produk-produk kebersihan pribadi, serta memakai celana katun yang lebih nyaman dan longgar.

Tingkatkan intensitas buang air kecil

ilustrasi gangguan kencing
Sumber gambar

Gangguan ini membuat orang jadi susah buang air kecil. Oleh karena itu obat anyang-anyangan alami yang dipercaya banyak orang adalah dengan membuat diri sendiri lebih sering ke kamar mandi. Caranya, tentu saja dengan minum lebih banyak air putih. Selain itu, dengan sering buang air kecil, saluran pencernaan juga terbantu karena bakteri-bakterinya ikut terbuang.

Konsumsi menu-menu yang memiliki kadar Vitamin C tinggi

Obat anyang-anyangan alami selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin c. Dengan jumlah yang lebih banyak dalam tubuh, vitamin c akan membuat urin jadi lebih asam. Kondisi ini akan menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih. Tapi yang harus menjadi catatan, bagi penderita infeksi saluran kencing aktif, sebaiknya menghindari pola ini karena dikhawatirkan makanan asam bisa membuat infeksi jadi lebih parah.

Berendam air hangat

Wah, ini obat anyang-anyangan alami yang bikin hati jadi senang, yaitu berendam di dalam air hangat. Dengan air hangat, diharapkan tubuh jadi lebih rileks dan tenang dalam menghadapi dan mengatasi rasa nyeri. Selain itu Anda juga bisa mengompres bagian yang sakit atau nyeri pada daerah vital dengan bantalan atau botol air panas.

Menjaga kebersihan organ vital

Langkah lain sebagai obat anyang-anyangan alami adalah dengan memberikan perhatian lebih pada organ intim, yaitu dengan menjaga kebersihannya. Bila organ Anda bersih, risiko anyang-anyangan bisa lebih diminimalisir. Bersihkan dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang. Jangan sebaliknya karena dikhawatirkan ada bakteri dari anus yang bisa berpindah ke organ vital.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah produk yang mengandung mikroba sehat dan penting bagi manusia. Dengan asupan probiotik, populasi mikroba baik dan jahat di dalam tubuh bisa lebih seimbang sehingga membuat tubuh lebih terjaga kesehatannya. Probiotik bisa Anda dapatkan dari berbagai sajian enak, seperti yogurt dan susu fermentasi.

Langkah pencegahan untuk jauhi anyang-anyangan

ilustrasi mencegah anyang-anyangan
Sumber gambar

Selain mengetahui obat anyang-anyangan alami, ketahui juga beberapa penyebab yang bisa membuat Anda mengalami gangguan saluran pencernaan ini. Apa saja?

  • Lewat penelitian yang dilakukan American Society for Microbiology pada Agustus 2018, konsumsi daging yang terkontaminasi dengan strain bakteri E.coli yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Dikhawatirkan, bakteri tersebut masuk dan menginfeksi saluran kemih.
  • Selain itu, risiko terinfeksi pada kaum wanita juga lebih besar daripada pria. Penyebabnya, wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada pria sehingga jarak perjalanan bakteri untuk mencapai kandung kemih lebih cepat.
  • Tak mau lagi mencoba obat anyang-anyangan? Sebaiknya juga mulai kurangi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Kafein dan alkohol bisa memperparah infeksi pada saluran kencing.
  • Anda suka berenang? Berarti wajib perhatikan untuk segera mengganti pakaian usai melakukan olahraga air ini.
  • Hindari penggunaan produk semprotan vagina, douche, dan sabun yang mengandung iritan.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya hindari pakaian-pakaian yang terlalu ketat, terutama celana jeans.
  • Sering mengganti pembalut dan tampon.
  • Jaga kebersihan alat kelamin sebelum dan sesudah hubungan seksual serta gunakan pelindung.
  • Buang air kecil setelah berhubungan seks juga baik untuk hindari anyang-anyangan karena mengeluarkan mikroba dari uretra dan kandung kemih.
  • Ketika merasa ingin buang air kecil, jangan ditahan. Segera lakukan.
  • Pola hidup sehat dengan menjauhi asap rokok.

BACA JUGA: Saat Kandung Kemih Turun, Apa yang Harus Dilakukan?

Kini kita tahu bagaimana sembuh gangguan pencernaan dengan obat anyang-anyangan alami. Bisa dicoba untuk siapa saja. Tetapi bila kondisi infeksi atau rasa sakit semakin parah, segera hubungi dokter ahli terdekat untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *