Ini 6 Obat Alami Batuk Omicron yang Ada di Rumah Sendiri


Karena banyak penyintas gelombang 3 Corona yang isolasi mandiri di rumah, penanganan dengan obat alami batuk Omicron jadi alternatif. Karena selain dengan obat, ada kondisi yang kurang nyaman dengan tenggorokan. 

Untuk meredakan gejala tersebut, perlu mengonsumsi atau menggunakan sesuatu dari bahan alami secara berkala. Sebab, obat-obatan memiliki dosis tertentu yang tidak bisa kita gunakan secara intens. 

Batuk merupakan salah satu gejala dari Omicron yang khas. BIasanya bermula dari tenggorokan gatal, hingga muncul peradangan yang terasa cukup berat. Gejala flu pada Covid-19 memang lebih membandel dari pilek biasa. Sehingga terasa lebih berat dan lama. 

Hal ini sangat kurang menguntungkan bagi mereka yang masih kanak-kanak, lansia, atau sistem pernafasannya cukup sensitif terhadap alergi (mudah batuk, sinus, radang). Sehingga, meski tidak menyembuhkan dengan signifikan, beberapa obat alami seperti di bawah ini bisa membantu meringankan gejalanya. Apa sajakah itu? 

Obat alami batuk omicron, kumur dengan air garam

Kumur air garam sebagai obat batuk omicron
[Sumber gambar]
Dalam mengatasi batuk dan radang tenggorokan atau masalah lain di rongga mulut, kumur selalu bisa membantu. Kumur dengan air bersuhu hangat dan larutkan sedikit garam. Lakukan kumur setidaknya selama 30 detik, agar cairan ini bisa bekerja dengan baik. 

Maksimalnya memang hanya bisa 3-5 kali saja sehari. Namun sangat membantu membersihkan area sekitar mulut akibat virus dan bakteri, sehingga bisa mencegah perburukan kondisi dan membantu pemulihannya. 

Kumur dengan minyak cengkeh dan kayu manis

Selain garam, bahan alami lainnya adalah minyak cengkeh dan minyak kayu manis. Sebenarnya kedua komponen tersebut bila diteteskan ke air sebanyak 10-15 menit, lebih bersifat membersihkan rongga mulut secara umum.

Tapi, cengkeh dan kayu manis sendiri merupakan bahan yang memiliki kemampuan anti bakterial, sehingga sedikit banyak bisa membantu membersihkan rongga belakang mulut juga. Kita juga bisa menambahkan mint bila ingin rasa yang lebih segar dan plong setelah berkumur. Selain untuk membantu meringankan gejala batuk dari rongga mulut, biasanya juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi. 

Jeruk nipis dan madu, kombo obat alami batuk omicron 

Jeruk nipis madu obat batuk alami omicron
[Sumber gambar]
Sudah sejak lama dan turun temurun, kita mengenal kecap dan jeruk nipis sebagai cara untuk bisa mengatasi batuk. Namun, melansir dari beberapa sumber, sebenarnya kecap tidak memiliki manfaat spesifik untuk batuk. Rasanya yang manis berguna untuk mengimbangi keasaman jeruk nipis. 

Nah, sebagai pengganti, kita bisa menggunakan madu. Madu dan jeruk nipis sama-sama memiliki manfaat baik untuk memulihkan kondisi dari sakit. Kemampuan zat dalam jeruk nipis, membantu mengencerkan dahak atau meredakan gatal tenggorokan. Vitamin C di dalamnya juga memberi tubuh asupan alami yang sebenarnya lebih cocok untuk tubuh. 

Sedangkan madu bisa bermanfaat untuk memulihkan dan memelihara seluruh sistem pernafasan. Selain itu, madu murni tanpa pollen, propolis dan royal jellynya, juga memiliki sedikit kandungan anti bakteri dan virus. Namun, memiliki enzim yang kaya, sehingga baik pencernaan yang ikut lemah karena sakit. 

Minuman jahe hangat dan rimpang lainnya

Bicara mengenai bahan rimpang, ada banyak kombinasi bahan yang bermanfaat menghangatkan badan, meredakan pegal dan mengatasi batuk. MInuman jahe hangat dari jahe geprek yang kita jerang dengan air panas dan gula batu, adalah yang paling mudah. 

Atau, kita bisa membuat rebusan dari irisan jahe, kunyit, sereh dan jeruk nipis. Ramuan herbal ini memiliki manfaat menjaga daya tahan tubuh, tapi juga bisa meringankan gejala seperti rasa nyeri otot, pencernaan tidak nyaman dan menghangatkan tenggorokan. 

Rimpang dan herbal seperti ini tidak harus kita kombinasikan. Pada dasarnya semua memiliki khasiat masing-masing yang tidak jauh berbeda. Sebagai penambah rasa manis, kita bisa menggunakan gula batu, gula merah maupun madu. Namun bila ingin menggunakan madu, pastikan suhunya tidak terlalu panas agar tetap menjaga khasiat kandungannya. 

Bawang putih, obat alami batuk Omicron yang serbaguna

Ilustrasi sop hangat dengan bawang putih mengobati batuk omicron
[Sumber gambar]
Kandungan anti bakteri dalam bawang putih juga mumpuni. Ada yang berani mengonsumsinya secara langsung, ada juga yang memasak lebih dulu. Bawang putih dalam jumlah banyak yang kita gunakan untuk memasak sup kaldu dan sayuran, sangat baik bagi masa penyembuhan. 

Jadi, jangan skip untuk melahapnya juga dalam sup kita, karena bisa membantu melawan virus dan bakteri serta mengurangi peradangan. Sedangkan sayuran dan air kuah sup membantu memberi asupan dan hidrasi dengan zat gizi yang larut di dalamnya. 

Konsumsi madu secara rutin

Selain berkolaborasi dengan bahan lainnya, kita bisa minum madu saja tanpa tambahan apa-apa. Madu kaya akan enzim alami dan anti bakteri serta anti inflamasi. Karena itu, hampir semua produk herbal maupun produk penunjang kesehatan dan pertumbuhan menggunakan madu. 

Madu sebenarnya paling baik kita konsumsi saat perut kosong dan tidak terkena suhu panas, sehingga kandungannya masih terjaga. Ada beberapa jenis madu, namun seringkali untuk mempercepat penyembuhan, orang-orang memilih madu Manuka yang memiliki UMF. Tapi bila tidak ada pun dan tidak terhalang alergi, kita bisa menggunakan beragam madu yang tersedia di pasaran. 

Para peneliti dan WHO masih mengingatkan seluruh warga dunia bahwa virus ini terus bermutasi. Sehingga kita jangan sampai meremehkan dan tetap laksanakan protokol kesehatan dengan baik. Sebenarnya, prokes inilah yang paling bisa menghindarkan kita dari virus. Minimal, menggunakan masker dan aware dengan tidak sembarang menyentuh serta rajin cuci tangan. 

Bila terjadi gejala, tetap tenang dan hindari skeptis. Lakukan screening untuk memastikan kondisi dan menghindari adanya penularan lebih lanjut. GSI Lab sebagai salah satu penyedia layanan swab test, menyediakan beragam layanan swab dan antigen dengan harga standar dari pemerintah. 

BACA JUGA: Gejala Batuk Omicron yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Diagnosa

Sedangkan, untuk memudahkan masyarakat kurang mampu, tersedia juga swab test gratis dengan memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan di sini. Aksi positif ini juga telah mendapat bantuan dari banyak orang baik yang berdonasi

Terima kasih pada semua yang telah ikut bersama-sama menjadikan masa pandemi ini sedikit lebih ringan. Semoga kita semua segera kembali pulih dan keadaan menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *