Kenali Manfaat Saffron Selain Jadi Minyak Wangi


Pernah mencoba manfaat saffron selain sebagai pengharum tubuh? Tanaman yang satu ini memang cukup eksotik dan memiliki banyak khasiat. Selain menjadi bahan baku minyak wangi, juga bisa jadi bahan konsumsi seperti minuman atau obat-obatan.

Saffron sempat populer beberapa tahun terakhir karena mulai banyak yang menjadikannya sebagai komoditas, mengingat manfaat yang sangat banyak. Tanaman dengan nama lain Crocus Sativus ini banyak kita temukan di Iran dan beberapa negara lain sekitarnya. Yang membuat bahan ini cukup mahal adalah karena perlu 70 ribu lebih bunga crocus ini sehingga bisa menjadi bumbu saffron yang jumlahnya tak sampai setengah kilogram.

Banyak lagi khasiat menarik dari bahan ini, karena bisa memberikan khasiat antioksidan juga yang penting dalam melawan radikal bebas. Seampuh apa? Mari kita simak penjelasanya.

Kandungan antioksidan super penunjang manfaat saffron

ilustrasi saffron
Sumber gambar

Kita mengenal saffron dengan warna merahnya. Sebenarnya bunga asli crocus berwarna ungu. Yang warnanya merah adalah putih yang nampak seperti benang. Bagian inilah yang sangat berharga dari tanaman tersebut. Ada kandungan super dalam bumbu saffron, di antaranya adalah crocetin dan crocin, safranal dan juga picrocrocin.

Bahan ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat, baik bagi siklus hormon pria dan wanita serta memperbaiki sistem reproduksi mereka. Selain itu anti oksidan tentunya baik untuk melawan radikal bebas dan juga mencegah terbentuknya sel kanker.

Membantu program diet

Bumbu saffron belakangan banyak pemanfaatannya sebagai pengobatan atau terapi herbal. Salah satunya adalah karena kandungan croin dan crocetinnya sebagai antioksidan super. Ada banyak sekali khasiat dari kandungan ini, salah satunya adalah khasiat anti depresan.

Anti depresan dapat mencegah stres yang kemudian menekan dorongan untuk makan. Dengan demikian bisa membantu mereka yang sedang menjalani program diet alias penurunan berat badan. Sebab salah satu akibat dari pikiran yang tegang dan tidak rileks adalah keinginan ngemil atau makan.

Mencegah pembentukan kanker

Khasiat lain dari anti oksidan ini adalah melawan radikal bebas yang terpapar ke tubuh. Keberadaannya bisa menyebabkan kerusakan pada sel atau bagian tubuh tanpa kita sadari. Hal inilah yang kemudian membangun potensi kanker.

Seorang peneliti menuangkan dalam Chronic Inflammation and Oxidative Stress as a Major Cause of Age-related Diseases and Cancer di mana khasiat bumbu saffron bisa menekan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Di antaranya seperti kanker usus besar, kanker kulit, gangguan pada payudara, prostat, kanker leher rahim dan lain sebagainya. Karena itu, beberapa waktu ke belakang bahan ini banyak yang mencari sebagai alternatif pemulihan dan pencegahan kondisi berat.

Anti inflamasi untuk kurangi sakit PMS dan pasca kemoterapi

ilustrasi teh saffron
Sumber gambar

Sebagai salah satu bahan yang memiliki kemampuan antioksidan, juga memiliki khasiat anti inflamasi. Yakni mengurangi efek peradangan atau rasa panas yang terjadi di dalam tubuh karena reaksi tertentu. Misalnya pada saat perempuan mengalami gejala PMS yang tidak nyaman di tubuh, konsumsi saffron atau menghirup aromanya dapat memberikan relaksasi serta mencegah nyeri.

Begitu juga bila kita baru saja mengalami kemoterapi. Ada kalanya hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit pada tubuh. Hal ini merupakan efek samping, tapi bisa coba kita redakan dengan konsumsi saffron. Meski demikian, pada pasien dengan kondisi tubuh yang sedang menjalani pengobatan, konsumsi bahan herbal seperti ini sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter.

Memperbaiki suasana hati

Aroma saffron memang cukup menarik. Tidak tajam, tapi juga menyenangkan. Mencium wangi saffron bisa membantu meningkatkan mood dan kadar dopamin di otak. Hal ini mencegah kita merasa tegang, ingin marah, serta membuat lebih rileks.

Sedangkan pada pasien yang mengalami depresi, ada kandungan imipramine dan fluoxetine yang efeknya dapat menyerupai obat anti depresan. Selain itu, hal ini ternyata baik juga bagi sistem saraf, agar bisa jauh dari efek oksidatif atau inflamasi.

Dengan demikian, bisa meningkatkan juga kapasitas otak. Di antaranya adalah kemampuan untuk menyimpan memori atau mengingat. Bila mulai merasa sering cemas, gelisah atau stres, tak ada salahnya menghirup maupun mengonsumsi teh saffron ini.

Memperbaiki dorongan seksual

ilustrasi hubungan keluarga harmonis
Sumber gambar

Mulai merasa tidak bergairah dalam berhubungan intim dengan pasangan? Masih dari khasiat anti depresannya, saffron bisa membantu pasangan meningkatkan hasrat serta pelumasan. Dengan demikian dapat meningkatkan kualitas hubungan pasutri.

Dengan konsumsi 30 mg saffron, bisa membantu tubuh lebih rileks, sehingga mengurangi friksi atau rasa tidak nyaman/sakit saat sedang melakukan hubungan badan. Untuk para lelaki, saffron juga baik dalam memelihara sistem reproduksi pria. Termasuk libido dan fungsi ereksinya.

Manfaat saffron dalam melindungi dan memperbaiki jaringan kulit

Ada begitu banyak fungsi dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari saffron untuk kesehatan kulit. Mulai dari melindungi paparan ultraviolet dan mencegah hiperpigmentasi, memperbaiki pembentukan jaringan kulit, serta mempercepat penyembuhan luka. Hal ini berlaku untuk seluruh bagian tubuh, mulai dari wajah, hingga badan.

Itulah beberapa manfaat saffron yang bisa kita dapatkan. Saat ini sudah banyak produk saffron tersedia di pasaran. Mulai dari bentuk minuman, obat herbal, pengharum tubuh, pengharum ruangan, minyak esensial dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 7 Manfaat Minyak Samin yang Gurih dan Harum

Meski memiliki segudang manfaat, tak menutup kemungkinan ada efek samping. Bila hal ini berlanjut, hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *