7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah


Dunia kecantikan mengenal manfaat lidah buaya untuk wajah dan perawatan tubuh. Tanaman hijau ini memang memberikan banyak khasiat di balik penampilannya yang agak berduri. Tak hanya untuk perawatan topikal, kita bahkan bisa mengonsumsinya.

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang mudah berkembang biak. Khasiat sebenarnya ada di dalam daging tanamannya. Meski seringkali memiliki aroma langu, tapi bila kita menggunakannya, aroma tersebut tidak akan membekas. Misalnya sebagai masker rambut.

Beberapa tahun terakhir, khasiat lidah buaya ini semakin banyak yang melirik, terutama produsen skincare di negara-negara Asia. Kebanyakan produk lidah buaya dapat kita gunakan di seluruh tubuh, maupun khusus untuk area dan fungsi tertentu.

Lalu bagaimana dengan wajah? Apakah lidah buaya aman dan memberikan khasiat bagi beragam permasalahan kulit? Tentu saja. Begini penjelasan dan hal-hal yang perlu kita perhatikan bila ingin merawat wajah dengan tanaman satu ini.

Manfaat lidah buaya untuk wajah iritasi

ilustrasi manfaat lidah buaya
Sumber gambar

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan. Terdapat kandungan anti inflamasi di dalam lidah buaya, sehingga bisa kita gunakan ketika kulit tubuh manapun teriritasi. Misalnya setelah mengalami sun burn sehingga kulit terasa panas, perih dan kemerahan. Kita bisa mengaplikasikan daging lidah buaya ke permukaan kulit yang mengalami keluhan.

Cara ini bisa membantu meredakan rasa panas, peradangan atau kemerahan yang muncul. Bila ragu dengan lidah buaya alami, kita bisa menggunakan produk yang mengandung ekstrak lidah buaya.

Perawatan bagi kulit sensitif

Mereka yang memiliki kulit sensitif biasanya kesulitan menemukan produk yang sesuai. Lidah buaya memiliki sifat hipoalergenik, sehingga peruntukannya bisa untuk kulit sensitif. Hal ini juga masih didukung dengan adanya kemampuan anti inflamasi, kandungan vitamin, mineral dan enzim yang membantu memperbaiki dan memperkuat perlindungan kulit.

Meski demikian, kulit sensitif memang banyak jenisnya. Sebaiknya sebelum menggunakan produk aloe vera untuk kulit wajah sensitif, coba dulu di area punggung ibu jari dan belakang telinga. Selain itu, pilih yang tidak mengandung parfum.

Manfaat lidah buaya untuk wajah berjerawat dan bopeng

Aplikasi lidah buaya secara rutin, bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak. Seperti pada kulit wajah yang mengalami bopeng atau bekas jerawat. Lidah buaya dan kandungan lain seperti lendir siput, memang memiliki kemampuan yang serupa dalam mengatasi infeksi, peradangan dan luka.

Selain itu, terdapat kandungan anti oksidan dari vitamin dan mineral penting seperti zinc yang membantu memperbaiki tekstur kulit. Namun demikian, ekstrak lidah buaya memang tidak serta merta bisa memuluskan kulit. Perlu penggunaan yang rutin dan teratur, serta telaten untuk perawatannya.

Menjadi pelembab wajah dan melawan penuaan

 

ilustrasi menjadi pelembab wajah dan melawan penuaan
Sumber gambar

Salah satu khasiat dari lidah buaya adalah mampu menjadi pelembab wajah. Meski demikian, pastikan produk yang kita gunakan memang tekstur dan kandungannya berupa emolien. Sebab ekstrak lidah buaya sendiri merupakan jenis pelembab yang ringan, sehingga untuk beberapa area dengan iklim tertentu akan sangat kurang.

Sedangkan produk lidah buaya yang memang khusus menjadi pelembab, biasanya sudah menyesuaikan dengan kebutuhan sebagai moisturizer. Sehingga bisa terasa kelembabannya, sekalipun pada jenis kulit kering.

Tak hanya itu, kemampuan lain efek melembabkan ini adalah mencegah penuaan dini dan pembentukan garis halus. Hal ini karena lidah buaya sendiri mengandung beta karoten, berbagai vitamin seperti A, C, E dan B9.

Menjadi tabir surya alami

Lidah buaya memiliki kemampuan sebagai tabir surya dengan kandungan aloin yang bisa mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Salah satu efek sinar UV adalah munculnya flek hitam hasil dari pembentukan melanin yang berlebihan. Selain mencegah paparan sinar UV, aloe vera ini bisa memberikan efek menenangkan bagi kulit, sehingga cocok menjaga skin barrier sebagai tabir surya.

Membuat makeup lebih menempel

ilustrasi lidah buaya
Sumber gambar

Selain untuk perawatan, aloe vera berfungsi membuat makeup lebih menempel sekaligus wajah terkesan lebih halus. Hal ini tak lepas dari kelembaban yang dihasilkan dari ekstrak lidah buaya, sehingga riasan bisa lebih sempurna dan menampakkan kilau alami. Tekstur kulit pun terasa lebih baik saat sedang dalam kondisi lembab.

Membersihkan wajah setelah cukur atau menggunakan makeup

Aloe vera atau lidah buaya bukan hanya baik bagi kulit wajah wanita, namun juga pria. Aplikasikan produk lidah buaya setelah bercukur, dapat mengurangi risiko gatal, kemerahan atau inflamasi lainnya. Selain itu, aloe vera memiliki kemampuan anti bakteri sehingga baik untuk membersihkan wajah dari makeup dan toksin yang mungkin menempel.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya bagi wajah. Selain di atas, masih banyak lagi khasiat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini. Tidak ada salahnya membudidaya lidah buaya di kebun rumah atau mencoba beberapa produk perawatan kulit dengan kandungan lidah buaya.

Sebab selain memiliki kemampuan menenangkan kulit, merawat luka bakar dan iritasi, juga bisa menjadi pertolongan pertama saat ada berbagai masalah kulit. Kendati demikian, lidah buaya masih mungkin menimbulkan efek samping bagi beberapa jenis kulit.

BACA JUGA: 6 Cara Memutihkan Wajah Tanpa Efek Samping

Bila terjadi iritasi atau tidak ada perbaikan kondisi, sebaiknya hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *