7 Manfaat Kuning Telur Bila Makan Sesuai Kebutuhan


Tidak banyak yang tahu manfaat kuning telur bisa lebih daripada efek samping kandungan kolesterolnya. Membuat kita mengonsumsi bagian tersebut, kadang dengan rasa bersalah. Namun kini dengan pengetahuan yang benar, kita akan tahu bahwa bagian kuning yang nikmat itu juga memberikan manfaat.

Telur pada dasarnya merupakan sumber nutrisi yang lengkap. Sangat baik untuk memberikan tenaga dan membantu tumbuh kembang anak. Selain itu, telur juga kerap menjadi bahan untuk jamu atau ramuan kesehatan untuk beberapa jenis tertentu.

Akan tetapi, kuning telur memang memiliki kandungan kolesterol yang perlu kita waspadai. Utamanya bagi mereka yang memang level kolesterolnya tinggi atau memiliki kecenderungan obesitas. Dalam satu buah kuning telur, terdapat sekitar 180-190 mg kolesterol. Sedangkan kebutuhan kita akan kolesterol adalah 300 mg/hari.

Meskipun berada di bawah level kebutuhan kita, jangan lupa bahwa dalam sehari-harinya terdapat makanan yang juga terbuat dari kuning telur atau mengandung kolesterol. Misalnya roti, puding, adonan tepung krispi dan masih banyak lagi.

Nah, agar bisa tetap menikmati kuning telur, mari kita kenali manfaat dari bahan makanan yang satu ini.

Manfaat kuning telur untuk perbaikan sel dan jaringan

ilustrasi kuning telur lezat
Sumber gambar

Banyak orang menghindari kuning telur, tapi kurang memahami bahwa tubuh kita tetap membutuhkannya. Untuk apa? Ternyata kuning telur sangat baik untuk membantu regenerasi dan perbaikan sel atau jaringan. Kita mungkin tak melihat adanya kerusakan pada tubuh, tapi sel yang sangat kecil dari tubuh kita mungkin saja mengalami kerusakan akibat olahraga, kelelahan, terbentur kecil, faktor usia, cuaca dan sebagainya.

Jangan lupa, kuning telur tak hanya terdiri dari asam lemak, tapi juga protein. Sehingga baik untuk membantu memelihara sel dan jaringan. Dengan konsumsi kuning telur di jumlah yang tepat, bisa menjaga massa otot.

Sebelum beranjak lebih lanjut, mari kita mengenali komposisi gizi dalam bagian paling nikmat dari telur ini. Setiap satu kuning dalam telur mengandung air 49.4 g dengan energi senilai 355 Kal. Di dalamnya terdapat:

Karbohidrat: 0.7 g

Kalsium: 147 mg

Protein: 16.3 g

Kalium: 107.5 mg

Seng: 2.5 mg

Beta-Karoten: 63 mcg

Lemak: 31.9 g

Fosfor: 586 mg

Besi: 7.2 mg

Thiamin (Vit. B1): 0.27 mg

Dengan asupan tersebut menjadikan telur antara kuning dan putihnya, merupakan bahan pangan dengan kandungan nutrisi yang lengkap.

Menjaga kesehatan penglihatan

ilustrasi menjaga kesehatan mata
Sumber gambar

Mata dapat mengalami kerusakan seiring dengan waktu, apalagi bila kita tidak menjaganya dengan baik. Kuning telur memiliki manfaat untuk mencegah gangguan penglihatan, sebab ada kandungan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut bisa membantu mengurangi risiko kaburnya pandangan akibat penyakit katarak.

Saat ini, katarak tak hanya menyerang lansia, tapi juga bisa terjadi pada orang dewasa yang masih relatif muda. Dengan konsumsi kuning telur dalam jumlah terkontrol, membantu mengurangi adanya risiko kerusakan tersebut. Sedangkan pada mereka yang sudah lanjut usia dan rentan akan degenerasi makula, kuning telur dapat mengurangi risiko terbentuknya kondisi tersebut.

Manfaat kuning telur sebagai sumber vitamin D

Asupan vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium. Salah satu sumber terbaiknya adalah sinar matahari langsung. Oleh karena itu, kita dianjurkan mendapat paparan sinar matahari yang cukup untuk memenuhi elemen vitamin D. Bila kurang mendapatkannya, seperti pada musim penghujan, kuning telur dan ikan laut bisa menjadi solusi.

Kuning telur dalam jumlah yang tepat, membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D untuk mencegah kerusakan gigi, menjaga kekuatan tulang dan mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis atau osteoarthritis. Sesekali mengonsumsi kuning telur pada usia 40 tahun ke atas, ibu hamil dan menyusui serta anak-anak pada masa pertumbuhan, dapat menjadi variasi vitamin D yang baik untuk tubuh.

Mencegah permasalahan pada janin

Manfaat kuning telur lainnya adalah dapat membantu mencegah janin tumbuh dengan tidak sempurna. Kandungan kolin dan kolat pada kuning telur dapat mencegah cacat tabung saraf yang dapat terjadi pada calon buah hati. Hal ini berperan penting untuk mencegah permasalahan pada saraf dan otak.

Selain itu, kolin dan kolat adalah dua zat yang bisa mencegah perburukan atau kekambuhan pada mereka yang memiliki kondisi asma. Karenanya, kuning telur cukup esensial bagi ibu hamil dan menyusui serta anak-anak pada masa pertumbuhan. Sebab bisa membantu menjaga kesehatan dan menunjang perkembangan aspek kognitif mereka.

Asam lemak omega 3 cegah penyakit berat

Meskipun memiliki kandungan kolesterol, tapi sifat baik dalam asam lemak omega 3 di kuning telur juga bisa mencegah penyakit berat, seperti salah satunya adalah risiko kanker atau penyakit jantung. Hal ini karena asam lemak omega 3 adalah kandungan yang bisa menghindarkan kita dari peradangan dan inflamasi.

Terdapat jenis telur khusus yang memang memiliki kandungan asam lemak omega 3 lebih tinggi dari telur biasa. Meskipun harganya juga lebih mahal, akan tetapi memberikan kualitas yang juga lebih baik. Meski demikian, telur biasa juga masih memiliki manfaat ini.

Baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku

ilustrasi kesehatan rambut
Sumber gambar

Karena memiliki kandungan vitamin B, D dan E, telur menjadi bahan yang bermanfaat untuk merawat kesuburan rambut dan kesehatan kuku hingga jaringan kulit seperti kutikula. Beberapa produk kecantikan seperti perawatan rambut, juga memanfaatkan khasiat telur untuk mengatasi kerontokan, rambut kering dan kusam serta membantu menyuburkan rambut.

Sedangkan untuk permasalahan kuku, kuning telur bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan kekuatannya sehingga tidak rapuh dan mudah patah. Tanpa kita sadari, semakin bertambahnya usia seringkali membuat rambut mudah patah, rontok dan kuku juga bisa rusak. Asupan telur lengkap dengan kuningnya, bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Bantu tingkatkan kualitas sperma

Kuning telur jenis tertentu sangat disukai oleh pembuat jamu, karena bisa menjadi ramuan yang meningkatkan vitalitas dan kesehatan. Penggemar jamu ini sebagian adalah kaum lelaki. Sebab selain memberikan tenaga, kuning telur juga membantu meningkatkan kualitas sperma.

Konsumsi kuning telur secara rutin dan dengan cara pengolahan yang benar, membantu memberikan asupan selenium yang menjaga mortilitas sperma. Selain itu, juga terdapat asupan vitamin B12 yang baik bagi kualitas kesuburan pria.

Banyak yang takut kuning telur bisa mempengaruhi level kolesterol dalam darah. Menurut jurnal US Library of Medicine, sebenarnya tiap orang memiliki respon berbeda pada kuning telur. Akan tetapi, kuning telur meningkatkan sangat sedikit level kolesterol dalam darah pada 30% orang. Sedangkan pada 70% sisanya, tidak sama sekali.

BACA JUGA: Bisa Jadi Obat Kolesterol Bila Menerapkan 5 Hal Ini

Jadi, jangan khawatir mengonsumsi kuning telur. Selama mengimbangi dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan makanan dengan nutrisi seimbang, kita akan bisa mendapatkan manfaat baiknya lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *