5 Manfaat Belimbing Wuluh Selain Turunkan Darah Tinggi


Belimbing Wuluh adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki nama lain seperti belimbing manis, bulimbing, dan blimbing bulu. Belimbing wuluh memiliki bentuk seperti bulatan dengan daging buah yang berwarna hijau. Warnanya berubah menjadi kuning pada masa panen.

Buah ini memiliki rasa asam dan manis dengan tekstur yang kenyal. Kandungannya kaya kaya akan vitamin C, vitamin B, dan mineral. Tak heran penggunaannya bisa untuk membuat jus, sayur dan makanan lainnya. Dari sisi terapi atau pengobatan herbal, buah ini juga bisa untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam, pilek, asma, dan masalah pencernaan.

Buah yang sering untuk memberi cita rasa asam pada makanan ini memang memiliki sifat diuretik, antiseptik, dan agen anti-radang. Sehingga ia sangat baik untuk kesehatan dan merupakan makanan yang bergizi tinggi.

Kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat belimbing wuluh, buah lokal yang sederhana tetapi sarat makna dan manfaat ini pada pembahasan di bawah.

Manfaat belimbing wuluh untuk darah tinggi

ilustrasi darah tinggi
Sumber gambar

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat untuk mencegah dan mengobati darah tinggi. Sebagaimana buah tentunya kaya akan serat, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Terdapat kandungan kalium, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memperbaiki kesehatan sistem kardiovaskular.

Selain itu, buah ini memiliki zat antioksidan di dalamnya, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat ini juga sangat baik guna mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Belimbing wuluh merupakan sumber pangan kaya akan vitamin C, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi tekanan darah. Hal ini tercermin dari rasanya yang asam.

Belimbing wuluh juga kaya akan folat, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dengan menurunkan kadar homosistein dalam darah. Selain itu, tidak banyak yang tahu bahwa ada asam amino lisin pada buah ini, yang membantu menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengendalikan gula darah

Bila memiliki permasalahan dengan kadar gula darah, kita bisa mencoba terapi dengan buah belimbing wuluh. Cukup banyak masyarakat Asia Tenggara yang di daerahnya memiliki buah ini, memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Belimbing wuluh kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan yang membantu mengontrol kadar glukosa darah.

Selain itu, belimbing wuluh merupakan penghasil zat flavonoid yang dapat menghambat penyerapan glukosa dalam usus halus. Sedangkan zat anti inflamasi yang terkandung di dalam belimbing wuluh berkontribusi untuk menurunkan kadar gula darah.

Kendati demikian, buah ini bukanlah obat. Untuk penyakit berat seperti diabetes, cara mengatasinya adalah dengan mengelola gaya hidup dan pola makan secara keseluruhan. Buah ini menunjang sebagaimana terapi herbal lainnya.

Pencegah kanker

ilustrasi kanker
Sumber gambar

Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Seperti kita ketahui bahwa kandungan ini dapat membantu melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel tubuh. Antioksidan telah terbukti secara klinis bisa menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker serviks, prostat, usus, paru-paru, dan kulit.

Bersamaan dengan itu itu, pemberian belimbing wuluh juga dapat membantu dalam memberikan dosis vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu mencegah berbagai penyakit. Vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi sehingga dapat mencegah anemia.

Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung zat besi, yang membantu dalam mempertahankan kadar hemoglobin yang normal. Kadar hemoglobin yang normal juga membantu mencegah anemia. Belimbing wuluh juga mengandung senyawa antikanker seperti quercetin, yang dapat membantu melawan sel-sel kanker yang berkembang.

Hal ini dikarenakan senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat menurunkan risiko kanker. Kita bisa mengkombinasikan buah ini dalam asupan nutrisi sebagai minuman pencuci mulut atau sayuran.

Manfaat belimbing wuluh untuk kekebalan tubuh

Belimbing wuluh adalah buah yang dapat membantu Anda memelihara kekebalan tubuh. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, terdapat antioksidan, vitamin C, dan mineral yang dapat membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Belimbing wuluh juga memiliki kandungan asam amino yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu mencegah dan mengobati infeksi. Selain itu, buah ini juga mengandung zat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin B kompleks seperti, vitamin B6 dan B12, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh..

Kesehatan sistem pencernaan

Belimbing wuluh adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena terdapat beberapa zat seperti vitamin C, magnesium, dan serat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan pencernaan Anda. Vitamin C dan magnesium membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi konstipasi.

Serat yang ada dalam buah ini juga dapat berperan untuk membersihkan usus dan mengurangi sembelit. Belimbing wuluh juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan di usus sehingga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dan zat anti-inflamasi yang dapat mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, gas, mual, dan mulas.

Belimbing wuluh juga mengandung banyak elektrolit yang dapat meningkatkan produksi air liur, serta meningkatkan pencernaan makanan. Dengan semua manfaat ini, belimbing wuluh adalah buah yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.

Asal buah ini

ilustrasi asal belimbing wuluh
Sumber gambar

Belimbing wuluh adalah salah satu jenis buah tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Terkenal dengan nama lain seperti belimbing manis, belimbing buluh, belimbing dewandaru, belimbing kecil, belimbing kuning, belimbing mata merah, belimbing sayur, dan belimbing susu. Nama lain yang di beberapa wilayah dunia adalah acedera, agrace, bilimbi, cucumber tree, kamias, karambola, starfruit, dan wuluh.

DI Indonesia sendiri, buah ini berasal dari daerah kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara. Telah terkenal dan penggunaannya sejak ratusan tahun. Buah ini menjadi kecintaan penduduk setempat untuk mengisi makan malam dan juga bermanfaat dalam pengobatan tradisional.

Kini, belimbing wuluh juga telah menyebar ke hampir seluruh dunia. Buah ini tersedia di pasar-pasar di Asia Tenggara, Afrika, Australia, Amerika Selatan, dan Eropa. Di negara-negara di sebelah barat, belimbing wuluh biasanya tumbuh di rumah-rumah atau taman-taman.

Belimbing wuluh tersedia dalam berbagai warna. Warna-warnanya berkisar dari ungu muda, oranye, kuning, dan hijau terang. Ia memiliki tekstur kulit yang kenyal dan rasa yang manis. Rasa buah ini memiliki kombinasi yang unik antara manis dan asam.

Kandungan dalam belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau Averrhoa bilimbi adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Daun dan buahnya yang berwarna hijau telah lama dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Buah ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Buah belimbing wuluh mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, folat, kalium, asam askorbat, dan magnesium. Vitamin C yang tinggi dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata. Folat dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem saraf dan menurunkan risiko anemia. Kalium dapat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan jantung dan paru-paru. Asam askorbat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko penyakit jantung. Magnesium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan fungsi kognitif.

Buah belimbing wuluh juga banyak mengandung flavonoid. Flavonoid ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Ini juga memiliki manfaat anti inflamasi, yang dapat membantu meringankan gejala penyakit peradangan seperti arthritis dan asma. Selain itu, flavonoid ini juga dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Jamblang yang Legendaris

Itulah penjabaran mengenai manfaat buah belimbing wuluh yang cukup luas. Meski buah ini mudah kita temukan, tetapi masih banyak yang mengira fungsinya hanya sebagai bahan makanan. Kini, sudah tahu bukan manfaat lainnya bagi kesehatan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *