Tak Susah, Ini 5 Cara Menghilangkan Flu dengan Cepat


Sebagian besar flu mungkin bukan penyakit berbahaya yang mengancam nyawa. Akan tetapi, flu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu masalah bagi orang yang bekerja karena menurunkan produktivitas. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menghilangkan flu dengan cepat.

Flu dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun yang tersering adalah virus. Mulai dari yang berbahaya seperti flu burung, influenza, hingga flu yang ringan dan banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yang dikenal sebagai common cold. Flu yang akan kita bahas kali ini adalah common cold, salah satu jenis yang dialami sejuta umat, terkesan ringan, namun cukup mengganggu aktivitas.

Common cold dapat disebabkan oleh berbagai virus, namun yang paling sering adalah rhinovirus. Gejalanya cukup banyak, antara lain batuk, pilek, nyeri tenggorok, badan lemas, demam, dan nyeri kepala. Lalu bagaimana cara agar Anda bisa pulih dengan cepat bila terserang penyakit ini? Berikut 5 cara menghilangkan flu dengan cepat.

Cara menghilangkan flu dengan cepat menggunakan vitamin dan mineral

ilustrasi buah mengandung vitamin c
Sumber gambar

Seperti yang telah umum diketahui, infeksi virus adalah penyakit yang bersifat self limiting disease, yaitu bisa sembuh dengan sendirinya. Tidak perlu menggunakan obat macam-macam, yang justru tidak menunjukkan efektivitas bermakna. Cara melawan virus dengan cepat adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi vitamin dan mineral merupakan cara menghilangkan flu dengan cepat dan ampuh. Secara umum, Anda boleh mengonsumsi vitamin apa saja. Akan tetapi, alangkah lebih baik bila Anda mengonsumsi vitamin C dan zinc. Dua komponen tersebut terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Dua komponen tersebut juga cukup mudah dijumpai dalam berbagai produk multivitamin.

Akan tetapi, Anda harus ingat batasan konsumsi vitamin C dan zinc. Konsumsi vitamin C maksimal 1000mg per hari, sedangkan zinc 20mg per hari. Hanya orang dengan penyakit tertentu yang mungkin mendapat pengecualian. Apabila Anda sembarangan mengonsumsi vitamin C dengan dosis melebihi batas, tentu akan berbahaya bagi ginjal.

Konsumsi protein

Cara menghilangkan flu dengan cepat yang lainnya adalah dengan konsumsi protein. Selain vitamin dan mineral, protein adalah sumber makanan yang perlu Anda konsumsi dengan jumlah lebih banyak. Tetaplah makan makanan bergizi seimbang dengan kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Hanya saja, beri sedikit tambahan porsi untuk protein karena zat ini berfungsi meregenerasi sel yang rusak karena penyakit.

Protein dapat diperoleh dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan, seperti seperti kacang almond, mete, kedelai, seperti tahu dan tempe. Protein hewani paling banyak ditemui pada ikan, telur, dan daging. Usahakan tidak hanya memakan salah satu jenis protein karena tubuh membutuhkan kedua macam protein tersebut dalam jumlah seimbang.

Istirahat cukup

ilustrasi beristirahat
Sumber gambar

Berhentilah sejenak dari rutinitas kerja yang padat. Sediakan waktu yang cukup untuk tidur malam, bahkan tidur siang. Anda butuh mengistirahatkan tubuh, memberi waktu pada organ untuk memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Investasikan waktu untuk beristirahat karena setelahnya Anda akan merasa lebih segar dan produktivitas justru akan meningkat setelah beristirahat.

Setiap orang punya waktu tidur masing-masing. Ada yang cukup hanya dengan tidur 5 jam, ada yang baru bisa melepas penat setelah tidur 8 jam. Amati berapa durasi tidur yang cukup bagi Anda atau ikuti saja standar sebagian besar orang, tidur selama 8 jam per hari. Istirahat termasuk tidur merupakan salah satu cara menghilangkan flu dengan cepat.

Kumur air garam

Salah satu cara menghilangkan flu dengan cepat adalah dengan kumur air garam. Garam memiliki efek antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Kumur air garam diyakini dapat membantu membunuh virus yang bersarang di rongga mulut hingga kerongkongan.

Beberapa orang kerap menghubungkan hal ini dengan menghirup uap panas melalui hidung. Akan tetapi, ketahuilah bahwa menghirup uap panas tidak sama efeknya dengan kumur air garam. Uap panas justru dikhawatirkan dapat merusak lapisan pertahanan di hidung daripada membunuh virus. Ada baiknya Anda cukup berkumur garam, entah dengan air hangat atau air bersuhu ruang biasa.

Cara menghilangkan flu dengan cepat menggunakan obat

ilustrasi mengonsumsi obat
Sumber gambar

Langkah terakhir cara menghilangkan flu dengan cepat adalah dengan konsumsi obat. Memang telah dijelaskan bahwa kebanyakan infeksi virus tidak membutuhkan obat. Akan tetapi, fungsi obat di sini bukan untuk mengeliminasi virus, melainkan sebagai terapi suportif terhadap gejala.

Tentu banyak gejala flu yang sangat mengganggu, inilah yang bisa ditekan dengan obat, namun bukan berarti obat akan menyembuhkan penyakit dasar tersebut. Konsumsi paracetamol jika demam dan nyeri kepala, serta obat batuk jika batuk. Setidaknya meski penyakit belum benar-benar sembuh, ketika Anda sudah bebas dari gejala, Anda tidak akan merasa tidak nyaman lagi.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Obat Flu Paling Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotek Terdekat

Setelah membaca artikel ini, Anda bisa mempraktikkan 5 cara menghilangkan flu dengan cepat secara mandiri di rumah. Sebagian besar flu akan hilang dalam waktu 7-10 hari, tapi mungkin saja Anda bisa mempercepat periode gejalanya menjadi hanya 3-5 hari. Tentu akan sangat membantu, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *