Pengertian General Check Up dan Teknis Pelaksanaannya


Kita sering mendengar istilah general check up yakni prosedur memeriksakan kondisi tubuh secara umum dan keseluruhan. Tujuannya adalah mengetahui keadaan terkini dan mendeteksi secara dini apabila ada gejala penyakit atau penurunan kesehatan.

Bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor seperti mobil atau motor, tentunya memiliki jadwal untuk melakukan service rutin agar tidak cepat turun mesin, serta mencegah adanya masalah. Nah, tubuh kita ini sama seperti mobil atau motor tersebut, memerlukan pemeriksaan berkala atas gaya hidup yang kita jalani. Tapi, bagi sebagian orang mungkin hal ini seperti momok, baik dari segi biaya maupun keberanian mengetahui kondisi badan kita sebenarnya.

Agar tidak merasa gentar, mari memahami tentang general check up, prosedur dan manfaatnya dalam penjelasan di bawah ini.

Pengertian general check up

ilustrasi general checkup
Sumber gambar

General check up adalah prosedur pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh tanpa harus menunggu merasakan gejala penyakit. Istilah lain untuk general check up adalah medical check up yang keduanya memiliki pengertian sama. Umumnya meliputi pemeriksaan seluruh anggota badan, kemampuan panca indera dan kondisi vital (gula darah, asam urat, kolesterol, jantung dan lainnya).

Umumnya, pemeriksaan ini setidaknya kita lakukan setahun sekali. Namun pada kondisi tertentu, kemungkinan pemeriksaannya bisa terjadi lebih dari itu. Metode pemeriksaan tergantung usia, jenis kelamin dan kondisi kesehatan peminta check up.

Tujuan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh

ilustrasi tujuan general check up
Sumber gambar

Sama seperti filosofi service rutin pada kendaraan bermotor, tujuan kita melakukan general check up adalah untuk memeriksa kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik anggota tubuh, organ dalam hingga fungsi vital lainnya. Selain itu, manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah mendiagnosa adanya masalah pada tubuh.

Biasanya yang paling umum nampak adalah beberapa kondisi seperti gula darah, kolesterol dan asam urat. Namun selain itu, prosedur ini bisa membantu kita mendeteksi masalah di organ tubuh yang dapat mengarah pada penyakit serius, karena ada tes denyut jantung, pemeriksaan urine dan sebagainya.

Prosedur general check up

ilustrasi prosedur general check up
Sumber gambar

Proses pelaksanaan pemeriksaan medis yang juga punya nama lain medical check up ini, memiliki beberapa tata laksana sesuai dengan SOP. Sekiranya ada sekitar 4 tahapan yang isinya antara lain adalah:

Pemeriksaan riwayat kesehatan

Prosedur di mana dokter akan melakukan wawancara pada pasien tentang riwayat penyakit, riwayat operasi, riwayat penyakit dalam keluarga dan apabila ada dokumen tentang penyakit yang pernah atau sedang pasien alami.

Pemeriksaan kondisi vital

Merupakan prosedur pemeriksaan tanda-tanda kesehatan yang penting dalam tubuh kita. Seperti suhu tubuh, denyut jantung, kondisi sistem pernafasan, tekanan darah stabil atau tidak.

Pemeriksaan tubuh lengkap

Merupakan prosedur pengecekan fisik. Dalam pemeriksaan ini, pasien mungkin perlu berbaring, berdiri atau bergerak untuk bisa mengetahui beberapa kecenderungan yang mungkin terjadi.

Pemeriksaan bagian tubuh meliputi ujung rambut, mata, telinga, leher, dada, perut, kedua tangan, pinggul hingga kaki. Pasien cukup mengikuti instruksi dari petugas kesehatan dan menjawab sesuai dengan apa yang dirasakan.

Tidak perlu merasa tegang, sebab tidak ada prosedur yang dapat menimbulkan rasa sakit, kecuali bila memang kondisi area tersebut bermasalah. Bila kurang memahami instruksinya jangan ragu untuk menanyakan.

Pemeriksaan penunjang

Pengecekan yang sifatnya menyesuaikan dengan kebutuhan pasien. Bisa berupa tes urine, gula darah, asam urat, kolesterol, rekam jantung dan rontgen. Atau bagi pasien dengan kebutuhan spesifik, seperti pada wanita ada juga pemeriksaan seperti USG dan pap smear.

Lakukan ini sebelum prosedur pemeriksaan

Ada beberapa hal yang perlu kita pahami dan lakukan sebelum melakukan general check up. Yakni bahwa pemeriksaan ini sifatnya menyeluruh, namun tetap akan menyesuaikan dengan kondisi pasien. Beberapa keterangan yang petugas medis perlu ketahui antara lain adalah:

  • Penyakit atau keluhan apa yang sedang pasien alami.
  • Jenis obat-obatan apa yang tengah pasien konsumsi.
  • Apakah ada penggunaan perangkat atau alat kesehatan dalam tubuh.
  • Kecenderungan pasien (alergi atau reaksi tubuh apapun yang mungkin unik namun dapat berpengaruh pada pemeriksaan)
  • Apakah sedang melakukan diet dan seperti apa metodenya

Keterangan di atas sangat berpengaruh pada proses pemeriksaan dari awal hingga selesai. Karena itu berikan keterangan dengan jujur dan terbuka agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Biaya dan hasil general check up

Biaya melakukan general check up bervariasi, tergantung seberapa banyak dan spesifikasi pemeriksaan yang kita perlukan. Ada yang mulai dari kisaran Rp 400.000-an hingga premium di angka Rp 7-9 juta. Agar lebih jelas, kita dapat menghubungi laboratorium atau rumah sakit yang menyediakan jasa ini, sehingga bisa mengetahui kisaran harga, benefit yang kita dapatkan dan apakah bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk mengcover biayanya.

Hasil pemeriksaan general check up selesai dalam waktu beberapa jam hingga satu hari, menyesuaikan dengan antrean dan load kapasitas lab atau rumah sakit. Namun pada umumnya tidak memakan waktu lama.

Setelah pemeriksaan harus bagaimana?

ilustrasi pemeriksaan kesehatan
Sumber gambar

Hasil pemeriksaan medis tadi kita bawa kepada dokter terkait atau yang merujuk untuk melakukan general check up. Nantinya, dokter akan membantu menerjemahkan hasilnya sambil menjelaskan kondisi kesehatan pasien. Apakah ada penurunan, peningkatan, diagnosa penyakit, serta arahan untuk melakukan evaluasi pada gaya hidup.

Dengan satu hasil general check up, dapat bermanfaat hingga satu tahun ke depan. Kita juga bisa mengubah gaya hidup yang mungkin bisa semakin memperbaiki rapor kesehatan tersebut. Di antaranya adalah:

  • Menerapkan pola makan sehat
  • Melakukan olahraga rutin
  • Istirahat cukup dan hindari begadang
  • Berhenti merokok atau mengonsumsi alkohol
  • Melakukan puasa bila perlu

Meski sederhana, kebiasaan di atas dapat menunjukkan hasil signifikan bila kita lakukan secara rutin. Hasilnya yang menikmati adalah kita sendiri. Berinvestasi itu bukan hanya pada aset atau harta fisik, sebab semua itu tak ada artinya bila kita sakit.

BACA JUGA: Serba-serbi Medical Check Up, Manfaat, Prosedur hingga Harganya

Karenanya, jangan ragu untuk mulai melakukan general check up secara rutin. Konsultasikan dengan dokter untuk bisa mendapatkan prosedur yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kemampuan finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *