7 Manfaat Minum Air Hangat yang Begitu Banyak tapi Sering Diremehkan


Belum banyak yang menyadari manfaat minum air hangat dalam keseharian yang ternyata bisa berkontribusi pada kesehatan. Sayangnya, kebanyakan orang dewasa, remaja dan anak lebih suka dengan minuman dingin dan manis. 

Tak ada salahnya mengonsumsi minuman dengan rasa dan manis, atau bahkan air es. Tapi, barangkali setelah mengetahui manfaat minum air hangat, akan membuat kita memasukkannya dalam rutinitas harian. 

Kebiasaan minum air hangat kerap kali terlihat sebagai kebiasaan orang yang sudah lanjut usia atau mereka yang sedang sakit. Padahal, dalam kondisi sehat pun, kita masih bisa merasakan manfaatnya. Bukan sekedar tentang suhunya, tapi juga khasiat dari air mineral sendiri yang memang esensial bagi manusia. Apa saja itu? 

Manfaat minum air hangat untuk pencernaan 

[Sumber gambar]
Begitu banyak khasiat air hangat untuk pencernaan. Salah satunya adalah menenangkan jalur saluran cerna sambil membersihkannya. Air hangat dapat merangsang pergerakan usus sehingga melancarkan proses cerna, metabolisme, dan ekskresi. 

Bila kita merasa agak sulit atau kurang lancar buang air besar, cobalah untuk mengonsumsi air hangat yang sedikit lebih panas. Namun bila kita merasa mudah sakit perut karena cemas di pagi hari, konsumsi air hangat yang suhunya nyaman di kulit, bisa membantu menenangkannya. 

Air hangat juga membantu mengatasi beberapa ketidaknyamanan di perut, salah satunya adalah perut kembung atau sering buang gas. Bila kita memiliki pola makan yang tergolong kurang sehat, mengonsumsi cukup air dan air hangat di pagi hari, dapat mengimbanginya. Namun, tetap lakukan perbaikan asupan dan pola makan kita. 

Manfaat minum air hangat di saat flu

[Sumber gambar]
Sudah menjadi hal yang umum, saat kita flu, maka akan cenderung memilih minuman dan makanan yang hangat. Selain lebih nyaman, juga lebih melegakan dan kita yakini mampu mempercepat penyembuhan. 

Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah hidung tersumbat, hidung berair dan sinus. Mengonsumsi air hangat memang bisa membantu dalam proses pemulihan, tapi bukan sebagai obat. Air hangat membantu suhu tubuh kita dan peredaran darah di sekitar mulut dan hidung sehingga sesekali kita merasa akan lebih lega. 

Selain itu, ada juga rasa tidak nyaman di tenggorokan yang bisa terjadi karena radang tenggorokan atau gejala ikutan dari flu. Konsumsi air hangat akan membantu tenggorokan lebih nyaman. 

Namun untuk pengobatan dari flu sendiri, sebaiknya banyak istirahat, konsumsi vitamin dan makanan bergizi, serta mematuhi anjuran obat dari dokter bila perlu. Air putih hangat sebagai pemenuhan kebutuhan cairan dan membantu tubuh menstabilkan suhunya. 

Mengatasi alergi di pagi hari

Jika kita memiliki alergi akan udara dingin atau berkecenderungan bersin-bersin dan batuk di pagi hari, minum air hangat bisa menjadi alternatif yang baik. Alergi berbeda dengan flu, namun sama-sama sering menyerang area pernafasan. Namun, untuk meredakannya dengan cepat atau setidaknya mengatasi ketidaknyamanan tersebut, air hangat bisa membantu dari dalam. 

Mengatasi rasa anyang-anyangan 

[Sumber gambar]
Beberapa orang meyakini bahwa rasa tidak nyaman setelah kencing atau anyang-anyangan, bisa teratasi dengan minum air hangat. Sebenarnya, air dengan suhu normal pun bisa membantu. Akan tetapi, bila kita juga merasa perut tidak nyaman, maka memilih air hangat bisa membantu meredakannya. 

Anyang-anyangan juga bisa menjadi gejala dari infeksi saluran kencing. Untuk mengatasi hal tersebut, memang perlu cukup minum air sehingga bisa mengeluarkan bakteri dan mengurangi rasa sakit saat buang air kecil. 

Manfaat minum air hangat untuk menjaga berat badan

Minum air hangat di pagi hari, saat baru bangun tidur dan perut masih kosong adalah salah satu alternatif yang baik untuk membersihkan pencernaan. Hal ini memberi dampak tidak langsung pada tubuh agar pencernaan dan metabolismenya lebih lancar. 

Ada stigma bahwa minum air hangat diyakini dapat membantu kalori terbakar lebih banyak. Hal ini karena air hangat membantu kita meningkatkan suhu tubuh. Namun ada pula yang mengatakan, justru air dingin bisa membantu kalori terbakar lebih banyak karena tubuh akan mengeluarkan kalor saat ada hawa dingin. 

Pada dasarnya air saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Tapi, mengonsumsi cukup air dapat menjaga berat badan tetap stabil secara tidak langsung. Hal ini juga perlu kita barengi dengan olahraga, mengatur pola makan dan tidak begadang. 

Manfaat minum air hangat untuk menenangkan diri

Dalam kondisi stres, gelisah atau panik, secara tidak langsung akan berpengaruh pada seluruh tubuh. Misalnya perut keram, pikiran terasa tegang, otot kaku dan sebagainya. Minum air hangat bisa membantu kita agar merasa lebih rileks. 

Sama halnya dengan mandi air hangat yang bisa memberikan relaksasi pada badan ketika lelah, minum air hangat membantu menenangkan dari dalam. Hal ini karena air hangat juga bisa menstimulasi peredaran darah, otot dan saraf yang terdampak kondisi eksternal. Selain itu pikiran juga bisa lebih rileks. Akan tetapi, memang efeknya tidak secara langsung, melainkan berangsur-angsur. 

Memperbaiki kondisi kulit wajah

[Sumber gambar]
Apa yang kita makan dan minum akan nampak hingga ke luar. Selain bentuk tubuh, juga terpancar lewat keadaan kulit. Konsumsi air hangat memang membantu menghidrasi, membersihkan pencernaan dan secara tidak langsung, hal ini memperbaiki kondisi kulit, baik itu wajah maupun seluruh tubuh. Namun, tentu saja ini perlu kita barengi dengan jumlah hidrasi sesuai kebutuhan tubuh, setidaknya 1,5-2 liter dan tidak semuanya harus berupa air hangat. 

Air hangat adalah salah satu metode sederhana untuk mencapai kesehatan, karena air mineral sendiri susah banyak manfaatnya bagi kesehatan. Menyisipkan air hangat ke dalam rutinitas dan treatment harian kita, bisa membantu mendapatkan khasiat yang mungkin kita remehkan sebelumnya. 

BACA JUGA: Mitos Atau Fakta? Air dan Uap Panas Membunuh Virus Corona

Apapun suhunya, kita perlu memberi hidrasi yang baik bagi tubuh. Namun bila tahu manfaatnya sebaik ini, sayang bila tidak kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *