7 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Efektif


Kita perlu mengenal cara mengecilkan perut buncit. Sebab, kondisi seperti ini yang terjadi karena gaya hidup, dapat menjadi sumber penyakit ke depannya.

Kebiasaan yang paling sering orang lakukan dan membuat perut menjadi buncit adalah konsumsi makanan manis, asin atau berlemak. Kebiasaan tidur setelah makan juga bisa menyebabkan hal ini. Kurang gerak, olahraga dan begadang dapat menimbulkan risiko penyakit lainnya. Seperti peningkatan kolesterol, gula darah, obesitas dan masih banyak lagi.

Mengecilkan perut buncit memang tidak mudah, tapi bisa kita lakukan dan bertahan lama apabila caranya efektif. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan bila ingin membuatnya kempis dan kembali proporsional.

Cara mengecilkan perut buncit dengan minimalisir konsumsi gula

ilustrasi gula
Sumber gambar

Pertama, kenali sumber gula dalam makanan kita. Karbohidrat seperti nasi mengandung gula, gula pasir dan beragam pemanis seperti kecap juga mengandung gula. Buah memiliki gula buah dan biskuit atau jajanan dan minuman kemasan, pasti memiliki kandungan gula yang bahkan sudah setara kebutuhan harian.

Cara yang bijak untuk mengatasinya adalah dengan selektif memilih asupan gula terbaik bagi tubuh. Misalnya, pilih buah-buahan daripada minuman kemasan atau jajanan. Bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsinya. Namun memilih salah satu dalam satu hari.

Bisa juga dengan mengganti nasi putih dengan alternatif lain. Misalnya ubi atau singkong. Sebab keduanya merupakan jenis karbohidrat kompleks dan memiliki nilai gula yang lebih rendah.

Mengurangi asupan garam

Cara berikutnya adalah dengan membatasi garam. Sebenarnya elemen garam dan gula inilah yang membuat kita lebih berselera makan. Tapi ketika jumlah akumulasinya berlebihan dalam sehari dan kita konsumsi berhari-hari, minggu bahkan bulan, bisa menyebabkan penumpukan dan pembentukan lemak.

Makanan yang tinggi garam di antaranya adalah snack kemasan, mie instan, gorengan, tepung bumbu hingga makanan beku seperti bakso, sosis, dan lain sebagainya. Batasi asupan ini dari kebiasaan sehari-hari kita dan ganti dengan makanan asli yang minim proses pemasakan. Salah satunya adalah dengan memilih memasak sendiri apa yang kita makan, sehingga bisa mengontrol asupan garam dan gulanya.

Cara mengecilkan perut buncit dengan puasa

ilustrasi puasa
Sumber gambar

Berpuasa adalah salah satu gaya hidup yang bisa membantu seseorang mengatur ulang pola makan mereka. Hal ini bahkan memiliki efektivitas yang nyaris sama atau lebih baik dari mengatur pola makan harian lewat menghitung kalori. Sebab pada puasa, sudah ada jam pasti kapan harus makan dan minum.

Saat itu, tubuh akan terlatih untuk mengonsumsi sejumlah makanan sesuai kapasitas perut yang terbentuk dari hari demi hari kita menjalani puasa tersebut. Hal penting yang perlu kita ingat untuk bisa mengecilkan perut buncit dengan cara ini adalah jangan berbuka dengan berlebihan dan tetap konsumsi asupan makanan dengan nutrisi seimbang.

Konsumsi cukup air putih

Terkadang rasa lapar adalah hal yang tidak benar-benar ada. Terutama lapar di antara jam makan. Kita bisa mengonsumsi cukup air putih untuk membantu menekan nafsu makan berlebih. Tak hanya itu, khasiat air putih ini juga membantu metabolisme tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan dan organ yang terkait.

Namun, konsumsi air putih sebaiknya juga jangan berlebihan, sebab nantinya bisa membebani organ lain, yakni ginjal. Konsumsi air putih secara bertahap untuk dapat mencegah dampak tersebut.

Perbanyak jalan kaki dan aktif bergerak

Berjalan kaki adalah cara membakar kalori dan bergerak yang cukup mudah. Mengambil minum secara rutin dari meja kerja, bisa membuat kita berjalan kaki. Memilih anak tangga daripada eskalator juga membuat kita berjalan lebih banyak.

Cara ini bisa melatih banyak anggota tubuh dan membuat metabolisme berjalan dengan baik. Dengan demikian, akan terjadi pengolahan energi dan mencegah terjadinya penumpukan kalori. Berjalan-jalan sejenak di antara bekerja, main game atau nonton TV juga bisa membantu menghindari penumpukan lemak dalam tubuh.

Di samping itu, coba untuk aktif bergerak. Misalnya melakukan rutinitas membersihkan rumah, mengganti aktivitas yang terlalu banyak di depan layar komputer atau handphone, dengan kegiatan lain yang membuat kita berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Aktif bergerak berbeda dengan olahraga yang memang membutuhkan durasi tertentu. Tapi kelebihannya adalah kita bisa lakukan kapanpun juga.

Berolahraga

ilustrasi berolahraga
Sumber gambar

Untuk mengecilkan perut buncit, tak harus memilih olahraga tertentu. Membangun rutinitas melakukan olahraga saja sudah bisa membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori yang ada dalam tubuh.

Imbangkan antara kebutuhan olahraga kardio dengan latihan beban, sehingga bisa memberi hasil maksimal dan membantu tubuh untuk bisa shaping dengan baik. Hal ini juga perlu kita barengi dengan pengaturan pola makan.

Cara mengecilkan perut buncit dengan tidur cukup dan tidak begadang

Begadang selain bisa menghambat proses metabolisme, juga membuat kita membentuk kebiasaan makan di luar body clock. Hal ini menyebabkan metabolisme tadi berantakan. Selain itu menjadikan kita malas untuk lebih produktif karena mencari-cari jam untuk istirahat.

Sekalipun kita adalah orang yang produktif dan workaholic, selalu pilih untuk tidur tepat waktu, sesuai proporsi dan tidak terbiasa begadang. Hal ini bukan hanya mencegah perut buncit, tapi juga berbagai penyakit lainnya.

BACA JUGA: 7 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Menyiksa Diri

Cara di atas relatif mudah kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tips tambahan adalah, jangan mengejar agar perut tak lagi buncit. Cukup perbarui dan perbaiki kebiasaan hidup agar lebih teratur. Hal ini akan dapat merevitalisasi kembali seluruh aspek kehidupan dan mencegah penyakit atau perut buncit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *