Mirip, Ini Cara Membedakan Gejala Alergi dengan Covid-19


Salah kaprah membedakan antara saat tubuh tepapar virus Corona dan alergi membuat banyak dari kita takut dan khawatir. Virus Corona telah menjadi penyakit baru dan tidak sedikit dari masyarakat bingung membedakan gejala yang ditimbulkan.

Terutama saat seorang yang terinfeksi Covid-19 memiliki beberapa gejala yang mirip dengan penyakit yang umum, salah satunya alergi musiman pada pernafasan. Mari kita kenali apa saja perbedaan ketika tubuh terinfeksi virus Corona dan alergi agar kita tidak khawatir dan waspada di kemudian hari.

Perbedaan penyebab

Penyebab alergi musiman biasa terjadi akibat zat asing yang masuk ke dalam sistim pernafasan melalui udara. Tubuh akan merespon masuknya benda asing tersebut dan membuat sistim imun mersepon sebagai alergen. Alergi ini bisa berupa alergi udara dingin, alergi bulu, alergi debut atau asap rokok dan polutan lainnya.

Sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus yang menyebar  dan masuk dari orang ke orang melalui droplet yang keluar ketika berbicara, batuk, bersin, dan bernafas secara berdekatan. Hal ini perlu diketahui sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bisa kita atasi.

Gejala awal

Untuk alergi dan orang yang terinfeksi Covid-19 ada beberapa perbedaan yang dapat kita amati atau rasakan. Gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terinfeksi virus Corona dan alergi awalnya biasa disertai dengan batuk. Keduanya juga akan sama-sama mengalami perasaan sakit kepala.

Kemudian untuk seseorang yang terinfeksi virus Corona akan mengalami pegal-pegal pada tubuhnya dan tidak akan dirasakan pada seseorang yang terkena alergi. Tapi, seseorang yang terinfeksi virus Corona dan alergi akan sama sama mengalami kelelahan atau merasa mudah capek saat beraktivitas.

Perbedaan yang tampak

Ada beberapa perbedaan umum yang gampang kita kenali antara terpapar virus Corona atau alergi. Saat seseorang terinfeksi Covid-19, dirinya akan mengalami demam dan kehilangan indra perasa atau penciuman pada tubuh. Hal-hal tersebut tidak akan terasa pada seseorang yang hanya terkena alergi.

Reaksi alergi umumnya hanya mengalami bersin dan berair pada bagian mata. Biasanya beserta dengan perasaan gatal. Gejala alergi ini tidak akan muncul pada seseorang yang terpapar virus Corona.

Gejala kurang umum

Perlu  diketahui walaupun tidak umun beberapa hal ini dapat terjadi pada kedua orang yang terinveksi virus atau alergi. Seperti munculnya rasa sesak nafas, bisa saja dirasakan pada seseorang yang alergi seperti alergi seafood, udara dingin hingga mengalami sinus, mirip saat terinfeksi covid-19. Untuk beberapa kasus Covid-19 dalam skala tertentu, penderita dapat mengalami sakit tenggorokan dan pilek atau hidung tersumbat seperti seseorang yang terkena alergi.

Bagaimana apa anda sudah bisa membedakan gejala yang ditimbulkan pada Covid-19 dan alergi? Setelah mengetahui hal terseut anda tidak perlu merasa parno lagi dan tetap waspada atas penyebaran virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *