6 Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami


Dari beragam pengobatan, cara mengatasi masuk angin merupakan hal yang relatif mudah kita lakukan. Masuk angin sebenarnya tidak ada dalam istilah medis, namun kumpulan gejala klinisnya bisa kita rasakan.

Meski demikian, masuk angin bisa menjadi hal sederhana yang mengakibatkan kondisi gawat. Misalnya menyebabkan kondisi angin duduk atau serangan jantung. Oleh karena itu, ketika kondisi sedang kurang fit akibat masuk angin, jangan remehkan atau abai pada gejala yang muncul.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang serba serbi masuk angin supaya bisa menanganinya dengan tepat.

Kenali gejala untuk tahu cara mengatasi masuk angin

ilustrasi tips cara mengatasi masuk angin
Sumber gambar

Ciri ciri seseorang mengalami masuk angin sangat khas. Seperti istilahnya, tubuh seperti sedang kelebihan udara di dalam. Di antaranya adalah:

  • Merasa perut kembung, kadang seperti ada udara terjebak di dalam perut dan kerap bersendawa
  • Tubuh terasa kaku di beberapa area, seperti pundak, leher dan punggung. Bisa juga terasa seperti berat, pegal-pegal dan ngilu.
  • Sering buang angin atau perlu berusaha untuk bisa buang angin.
  • Kadang beserta demam atau menggigil
  • Tidak terlalu berselera makan
  • Muncul keringat dingin atau badan terasa panas dingin
  • Kembung bisa menyebabkan rasa ingin mual dan muntah.

Mengonsumsi makanan dan minuman hangat

Pertama, buat diri senyaman mungkin. Coba konsumsi minuman hangat yang sifatnya ringan, seperti air putih hangat, teh manis atau air jahe hangat. Hindari susu, kopi atau coklat karena dalam kondisi ini mungkin asam lambung sedang meningkat atau sensitif.

Sedangkan untuk makanan, pilih yang teksturnya tidak padat dan jenis makanannya tidak berat. Seperti sup, bubur atau sari kacang hijau. Cara ini bisa menghangatkan tubuh sekaligus menenangkan perut. Efek lain dari konsumsi makanan dan minuman hangat ini adalah memudahkan angin untuk keluar baik melalui buang gas atau dengan bersendawa.

Menggosokkan minyak herbal atau obat gosok

ilustrasi pijat
Sumber gambar

Berikutnya, hangatkan tubuh dengan menggunakan minyak herbal maupun obat gosok yang cocok dengan gejala masuk angin. Ini akan membantu tubuh mengeluarkan angin yang terjebak di perut dan meredakan kondisi lain seperti demam, tubuh ngilu atau menggigil.

Gosokkan pada area yang penting, seperti punggung, pundak, tengkuk, perut dan kedua telapak kaki. Pada area kening, pelipis dan hidung bisa memberikan rasa rileks. Gunakan pakaian hangat setelahnya dan bila perlu, beristirahat sejenak.

Cara mengatasi masuk angin dengan istirahat

Pada skala tertentu, masuk angin membuat kita perlu benar-benar menghentikan aktivitas. Misalnya saat sudah mulai demam menggigil atau keluar keringat dingin dan nyeri dada. Namun, jangan tunggu hingga gejalanya berat untuk istirahat.

Semakin dini, semakin mudah kita meredakan kondisi masuk angin. Dengan istirahat dan tidur cukup, merupakan sebagian dari obat dan kesembuhan. Memberikan kesempatan pada kekebalan tubuh alami kita untuk melawan penyebab penyakit dan mencegah perburukannya. Sebab masuk angin sendiri merupakan sinyal penurunan kondisi kesehatan, tapi bisa berkembang ke permasalahan kesehatan lainnya.

Mengonsumsi jamu herbal

Indonesia masih memiliki tradisi mengonsumsi ramuan herbal. Hampir setiap daerah memiliki ramuan khasnya tersendiri yang terbuat dari aneka rempah dan herbal alami. Minuman seperti ini bisa menjadi penunjang kesembuhan, meski tidak langsung memulihkan dengan cepat. Saat ini jamu herbal juga tersedia dalam kemasan yang lebih praktis dan modern.

Sebaiknya konsumsi herbal hanya bila kondisi sedang kurang fit. Konsumsi rutin setiap hari bisa menimbulkan risiko pengendapan residu dari bahan-bahan yang ada di dalam organ. Selain itu, bila gejala tidak kunjung membaik setelah mengonsumsi herbal, sebaiknya segera hubungi faskes terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Melakukan pijat

ilustrasi memijat
Sumber gambar

Salah satu keluhan pada masuk angin adalah rasa kaku dan pegal-pegal. Bila memungkinkan, lakukan pemijatan pada beberapa area seperti pundak dan punggung, sambil menggunakan obat gosok. Cara ini bisa menstimulasi peredaran darah dan agar angin bisa keluar dari dalam tubuh.

Pemijatan di area pinggang hingga kaki juga membantu meredakan pegal dan melancarkan peredaran darah. Metode tersebut bisa membantu orang yang mengalami masuk angin agar bisa beristirahat dengan lebih baik.

Tips tambahan bila tidak bisa melakukan pijat, kita bisa mengompres beberapa area dengan kompresan hangat, menggunakan pakaian hangat dan kaus kaki. Cara ini bisa menstimulasi pembuluh darah dan saraf hingga secara perlahan membantu angin atau ketidaknyamanan di dalam tubuh mereda.

Masuk angin adalah salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi. Meski demikian, jangan mengabaikan gejala yang datang dan perhatikan keluhannya dengan seksama. Beberapa jenis masuk angin bisa menjadi permulaan penyakit yang lebih serius.

BACA JUGA: Angin Duduk Sering jadi Penyebab Kematian Mendadak, Begini Penanganannya

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cukup tidur, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi bisa menjadi cara kita untuk menghindari efek samping yang lebih berbahaya dari masuk angin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *