Air Purifyer Dapat Mencegah Risiko Airborne Covid-19 di Ruang Tertutup


Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa penggunaan air purifier HEPA (high efficiency particular air) filter dan penggunaan masker dalam ruangan efektif menurunkan risiko terpapar virus Corona.

Hal ini menjadi sebuah kabar yang cukup mencerahkan, mengingat usaha kita bersama untuk pencegahan penularan yang lebih parah. Seperti banyak diketahui, virus ini banyak menyebar melalui tetesan (droplet) dan aerosol pernapasan. Keduanya dikeluarkan pada saat orang dengan infeksi Covid-19 batuk, bersin, berbicara atau bahkan hanya dengan bernafas.

ilustrasi air purifier [sumber gambar]
Baru-baru ini ditemukan bahwa penggunaan masker di ruang yang tidak memiliki sirkulasi udara baik yang dilengkapi dengan pembersih udara dengan HEPA filter dapat menurunkan risiko terpapar Covid-19 hingga 90 persen. Aerosol dan dopret seorang yang terinfeksi Covid-19 pada saat batuk, bersin atau berbicara dapat tersaring melalui air purifier dengan HEPA filter mengurangi jumlah partikel infeksius di udara dan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Pencegahan penyebaran Covid-19

Langkah yang dapat kita tempuh untuk mencegah penyebaran virus ini adalah memperketat protokol kesehatan, dikarenakan munculnya varian-varian baru yang lebih menular. Selain melakukan 5M, kita juga perlu meningkatkan ventilasi udara pada ruangan.

Protokol kesehatan 5M [sumber gambar]
Sebagai pengingat kembali 5M, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Pada laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, sistem ventilasi dapat ditingkatkan dengan menambah pembersih udara atau air purifier pada ruangan. Dalam laporan terbaru CDC menemukan bahwa pembersih udara HEPA di dalam ruangan dapat mengurangi konsentrasi partikel droplet dan aerosol Virus Corona hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.

Apa itu Air Purifier?

Air purifier HEPA filter adalah penyaring udara yang memiliki bentuk berupa lipatan-lipatan. Dalam teori, filter ini bertugas menyaring hingga 99,97 persen debu, bakteri, serbuk, fungi, dan partikel udara berukuran 0,3 mikron. Filter ini memiliki manfaat menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu dan partikel-partikel yang dapat memicu alergi pada pemiliknya. untuk harga perangkat ini beragam tergantung merek dan ukuran yang akan kita gunakan, namun biasanya air purifier memiliki harga di kisaran satu juta sampai tujuh juta rupiah.

Penelitian Air Purifier

Untuk mengetahui lebih lanjut seberapa efektif pembersih udara HEPA dan penggunaan masker universal dalam mengurangi partikel aerosol yang dihembuskan, tim investigasi menggunakan simulator pernapasan untuk menirukan seorang dengan Covid-19 dan tiga lainnya tidak terinfeksi di ruang konferensi.

penggunaan air purifier HEPA di dalam ruangan [sumber gambar]
Ruangan tersebut dipasang dua pembersih udara HEPA yang telah memenuhi standar EPA (environmental protection agency). Kemudian alat tersebut diletakkan dekat orang yang terinfeksi Covid-19. Pada hasilnya alat air purifier HEPA dapat mengurangi paparan aerosol sebesar 65 persen. Sementara, pada ruangan tertutup diberi air purifier HEPA dan orang di dalam ruangan tersebut menggunakan masker, kombinasi ini dapat mengurangi paparan hinhga 90 persen.

Dapat menyaring partikel aerosol tanpa mengubah ventilasi ruangan

Untuk menyaring udara pada ruangan tanpa mengubah sistim ventilasi suatu ruangan air purifier adalah sebuah solusi praktis. Hal ini lebih efektif jika penggunaan air purifier diletakan sedekat mungkin pada pemiliknya.

Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa kita akan semakin terlindungi dari paparan Covid-19 jika dipadukan dengan pemakaian masker. Upaya ini dapat dilakukan untuk membatasi penularan serta menurunkan kejadian infeksi dan kematian yang disebabkan oleh Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *